Header Ads

MTQ tingkat Madapangga Digelar, Bupati: Ini Ajang Syi'ar Islam


Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE  membuka kegiatan MTQ tingkat Kecamatan Madapangga yang dilangsungkan di lapangan Desa Tonda Kamis malam (6/12). MTQ tingkat kecamatan Madapangga rencananya akan dilaksanakan selama 7 (tujuh) hari mulai dari tanggal 6 sampai 12 Desember 2018, dengan total jumlah peserta sebanyak 139 orang.

Menurut Bupati, kegiatan Mushabaqah Tilawatil Qur’an ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun dari tingkat desa, kabupaten hingga nasional dan bahkan tingkat internasional. Tentunya pelaksanaan musabaqah ini tidak hanya sekedar bermakna sebagai peneguhan syiar Islam saja, tetapi lebih jauh diharapkan menjadi barometer untuk mengukur hasil atau out come dari kegiatan pembelajaran al-Quran yang berlangsung di tengah-tengah masyarakat. Selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif, juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan terutama dari segi keagamaan atau pencerahan rohani dan cahaya kedamaian serta mewarnai akhlakul karimah masyarakat hingga saat ini.

Melalui kegiatan ini pula tentunya semua pihak dapat mewujudkan  hubungan silaturrahmi sesama umat beragama dan antar umat beragama. "Hubungan ini harus terus terjalin dan tetap dipertahankan seperti yang sudah terbina selama ini, hargai, hormati dan ciptakan rasa aman, rasa nyaman dan damai setiap masyarakat," gugahnya di acara yang juga turut dihadiri Jena Teke Kesultanan Bima M. Putera Ferryandi, S.Ip, Sekretaris DPRD, para Asisten, Kabag, Staf Ahli lingkup Setda Bima, para Kepala OPD Pemerintah Kabupaten Bima, Camat Madapangga beserta jajarannya, unsur TNI, unsur Kepolisian, Toga, Toma serta seluruh elemen warga masyarakat desa Tonda Kecamatan Madapangga.

Sebagaimana diimani bersama, kitab suci Al-Quran merupakan kalam Allah atau kalamullah. Ini adalah kitab suci, yang diturunkan untuk menjadi tuntunan dan pegangan bagi umat manusia, agar memperoleh kebahagiaan, baik di dunia maupun di akhirat. dengan susunan kata yang indah, kalimat yang jelas dan terang, serta gaya bahasa yang mengagumkan, kitab suci Al-Quran merupakan sumber inspirasi yang tidak pernah kering, semakin didalami Al-Quran, semakin yakin akan kebenaran firman Allah SWT. "Semakin kita baca dengan lantunan yang indah, semakin terasa kedamaian dan kesejukan dari pancaran kandungan isinya. Al-Quran sebagai sumber inspirasi dan ilmu pengetahuan tidak akan pernah habis untuk digali dan dikaji, ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana M. Said Ahmad, M.Pd, menjelaskan bahwa kegiatan MTQ ini bertujuan selain mendukung pembangunan daerah dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Bima yang religius juga bertujuan untuk meningkatkan kecintaan umat terhadap isi Kandungan Al-Quran sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Seperti dilansir Kabag Humas dan Protokol Setda, Hj. Sitha Arna, S.Sos, pada kesempatan ini pula dilakukan pelantikan dewan hakam/juri lomba MTQ oleh Camat Madapangga, M. Safi’i, SH. M.AP. dengan SK. Nomor: 24 tahun 2018 tanggal                        5 Desember 2018 tentang pelantikan dewan hakan dan juri pada pelaksanaan MTQ tingkat kecamatan Madapangga. Sebagai bentuk dukungan dari pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Madapangga ini atas nama Pribadi Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE menyerahkan bantuan sebesar Rp5 juta. (GA. 212*)



No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.