-->

Notification

×

Iklan

Hari Ikan Nasional, Bupati Bima Serahkan Bantuan Sektor Perikanan Rp6,7 Milyar

Sunday, December 2, 2018 | Sunday, December 02, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2018-12-02T08:50:45Z


Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Hari Ikan Nasional (Harkannas) V tingkat Kabupaten Bima tahun 2018 yang dilaksanakan di Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima Jalan Soekarno-Hatta Raba Minggu (3/12), selain diisi dengan Bazar Kuliner Serba ikan, juga ditandai dengan penyerahan sarana alat tangkap perikanan untuk dihibahkan kepada nelayan senilai Rp6,7 Milyar.

Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE didampingi Ketua DPRD Kabupaten Bima, Ny.  Murni Suciyanti, Komandan Kodim 1608/Bima Letkol (Inf)  Bambang Kurnia Eka Putra, Ketua TP. PKK Kabupaten Bima, Hj. Rostiati Dahlan dan para pejabat teras lingkup Pemkab Bima. "Bantuan peralatan tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik, tidak diperjual-belikan,  apalagi berpindah tangan kepada pihak yang tidak berhak," tegas Bupati.



Berkaitan dengan penyaluran bantuan kepada sejumlah sektor pembangunan  Bupati menekankan pentingnya data yang akurat. "Perlu pendataan menyeluruh terhadap bantuan yang diberikan kepada kelompok dan menyimpan dengan baik catatan administrasi kegaiatan agar bisa dipertanggung jawabkan ketika berhadapan dengan masalah hukum," katanya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima Ir. Hj. Nurma,  M.Si, menambahkan bahwa peringatan Hari Ikan tahun ini mengambil tema "Dengan Protein Ikan, Kita Membangun Bangsa. Tahun  ini, kata dia, dilakukan penyerahan secara simbolis Hibah Sarana dan Prasarana Perikanan pada kelompok nelayan Kabupaten Bima Tahun Anggaran 2018 senilai Rp6,7 Milyar kepada 321 Kelompok atau 1.725 nelayan dan menyebar pada 16 kecamatan pesisir. "Para nelayan dapatkan alat tangkap berupa mesin ketinting,  jaring pukat, perahu,  perahu kayu,  coolbox dan pancing," jelas Hj. Nurma.

Penyerahan paket alat penangkapan ikan (API) berupa 1 unit jaring gillnet Millenium 4 inchi sepanjang 500 m kepada 3 penerima yaitu,  KUD Mutiara langgudu untuk 3 kapal, Koperasi Takapase Sanggar 2 kapal dan KUD Harapan Sape 3 kapal. Selain itu juga di serahkan bantuan untuk sarana budidaya produksi garam berupa, sepeda motor roda tiga (aviar), mesin,  mesin air 23 PK dan 5,5 PK.  Serta hibah bioflog untuk budidaya nila,  bibit kerapu dan bibit lele serta asuransi nelayan. (GA. 212*)
×
Berita Terbaru Update