Header Ads

Hadir di Sape, Bupati Silaturahim dengan Warga Desa Kowo dan Oi Maci



Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri yang didampingi oleh Asisten 3 Drs. H. Makruf, Staf Ahli, Camat Sape dan Muspika Kecamatan Sape, Minggu (16/12)  menggelar Silaturrahmi bersama Calon Kades, Kadus, RT/RW, Tokoh masyarakat Desa Kowo dan Desa Oi Maci dalam rangka menyukseskan Pilkades Serentak 2018. 


Bupati menyampaikan bahwa kunjungan silaturrahmi dimaksudkan untuk membangun lintas koordinasi guna menjaga kondusifitas iklim hidup masyarakat hingga terus memberikan daya dukung konstruktif dalam perealisasian agenda-agenda pemerintahan dan pembangunan. "Dan yang paling penting dalam waktu dekat adalah menjamin kesuksesan Pilkades serentak 2018 yang pemungutan suaranya digelar beberapa hari lagi," ungkap Kasubag Pemberitaan Humaspro Pemkab Bima, Zainuddin, SS, MM.

Bupati Bima juga mengharapkan peran aktif seluruh elemen masyarakat untuk mengantisipasi berbagai dinamika yang mengarah pada disharmoni dan ancaman Kamtibmas. "Bupati berharap kepada seluruh elemen masyarakat kiranya budaya ketaatan dan kepatuhan kepada hukum yang telah ditunjukkan selama ini dapat terus ditumbuh kembangkan sehingga nilai-nilai hikmah dan kearifan menjadi landasan utama dalam  menyukseskan pesta demokrasi rakyat; tidak mudah terprofokasi hingga mengambil langkah main hakim sendiri; serahkan penyelesaiannya pada pihak yang berwenang menanganinya," paparnya.

Lebih lanjut, Bupati Bima menyampaikan kepada segenap Ketua BPD dan Sekretaris BPD, Panitia, Kepala Desa dan/atau Penjabat Kepala Desa agar bersama Camat dan Muspika, menfasilitasi segala hal yang mendukung kelancaran pelaksanaan Pilkades serta menjauhi segala hal yang dapat menjadi potensi masalah. Kepada para Camat; ditegaskan agar melaksanakan tugas pengawasan dan monitoring pada desa-desa yang melaksanakan pemilihan kepala dengan mengkedepankan pertimbangan bahwa Pilkades harus terlaksana dengan baik, aman dan terkendali hingga tahapan terakhir yaitu dilantiknya kepala Desa terpilih.

“Pemungutan suara sudah dihadapan mata, sehubungan dengan semua itu saya tegaskan kepada seluruh leading berkompeten untuk mempersiapkan segala sesuatunya dan terus memberikan pembinaan dan pencerahan kepada masyarakat agar pesta demokrasi masyarakat desa sebagaimana dimaksud dapat berjalan dengan sukses dan berkualitas. Guna menjamin stabilitas dan keamanan wilayah Desa, mesti terus dimaksimalkan peran 3 pilar yakni Kades, Babinsa dan Babinkamtibmas guna mengedukasi dan memotivasi masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam seluruh dimensi; baik pemerintahan, pembangunan, social kemasyarakatan serta upaya-upaya menjamin keamanan dan ketertiban," tegasnya.

Kepada seluruh Calon Kades, Bupati menyampaikan keyakinan bahwa mereka semua adalah kader-kader pemimpin terbaik yang tentunya memiliki keutamaan dan ketokohan yang dapat diapuniti oleh masyarakat. Oleh karena itu, Bupati berpesan agar para Calon Kades juga dapat tampil menjadi pemberi solusi, menghimbau dan mengkoordinir masing-masing pendukung untuk menjaga kerekatan silaturrahmi, menjauhi perpecahan dan pertentangan karena sejatinya Pilkades adalah media demokrasi yang tidak hanya memilih dan dipilih; melainkan momentum penyiapan pemimpin Desa yang handal lahir- bathin, dimana kontestannya adalah keluarga dan atau kerabat sendiri yang tetap harus saling menghormati dan menghargai tanpa tersekat oleh kalah atau menang dalam pemungutan suara. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.