Header Ads

Didukung Kodim 1608 dan Polres Kabupaten Bima, Pemkab Tanam 11 Ribu Pohon di Kawasan Pela Parado



Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Sebagai bentuk Kerjasama dan Komitmen bersama antara Pemkab Bima, Kodim 1608/Bima dan Polres Kabupaten Bima dalam upaya menghijaukan hutan, Jumat tanggal 7 Desember 2018 sekitar pukul 08.00 wita, bertempat di kawasan DAM Pela Parado Desa Pela kecamatan Monta Kabupaten Bima telah berlangsung kegiatan  penghijauan. Gerakan penghijauan sekaligus juga dalam rangka Hari Juang Kartika Tahun 2018 ini dihadiri oleh Dandim 1608/Bima, Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra, Kapolres Kabupaten Bima, AKBP Bagus Wibowo, SIK, Wakil Bupati Bima Drs  Dahlan M. Nor, Sekdakab Bima, Drs. HM. Taufik HAK,  Danramil Monta Mayor  Inf Saharudin, Kapolsek Parado, Kepala KPH NTB, Camat Parado Bahrudin  S. Sos, Ketua Persit KCK Cab XXVII Dim 1608/Bima, Ketua Bhayangkari Polres Kabupaten Bima. "Alhamdulillah aksi penghijauan ini didukung sepenuhnya oleh 650 orang personil dari unsur Kodim 1608/Bima, Polres Kab. Bima, ASN Kab. Bima, BPBD, KPH, Dinas Pertanian, Ibu Persit Kodim 1608/Bima, Ibu Bhayangkari, Siswa dan Pramuka, Aktivis serta kelompok pecinta lingkungan hidup," ungkap Dandim 1608 Bima.

Adapun jumlah pohon yang  ditanam 11. 000 pohon, terdiri dari pohon Sengon, Kemiri dan lain lain. Sebelum seluruh  personil melakukan penanaman bersama di area Dam Pela Parado, sekitar pukul 08.30 wita dilakukan  penanaman perdana oleh Dandim 1608/Bima, Kapolres Kab. Bima, Wakil Bupati Bima, Sekda Kab. Bima dan kemudian dilanjutkan dengan penanaman serentak oleh  seluruh personil.

Ditegaskannya bahwa aksi penghijauan itu merupakan momentum untuk memulai apa yang telah diupayakan bersama sejak berbulan-bulan yang lalu dalam ikhtiar menyelamatkan hutan kita. "Mari kit mendukung program Pemkab Bima khususnya terkait penyelamatan lingkungan," ajaknya.

Hal senada juga disampaikan Kapolres Kabupaten Bima. Ia mengajak semua pihak untuk bersama-sama mendukung program ini  dan bersama -sama  menjaga kelestarian hutan. "Kita semua berkomitmen untuk melindungi hutan dan tidak ada lagi penebangan liar," ajaknya.

Sementara itu,  Sekda Kabupaten Bima, HM. Taufik HAK, juga mengungkapkan bahwa alam dan hutan perlu dilindungi oleh segenap komponen warga masyarakat. Sebagai bentuk komitmen Pemkab Bima dalam upaya pelestarian hutan, pihaknya berkomitmen akan melakukan pengawasan rutin kawasan hutan di Kabupaten Bima. "Pemda akan menyiapkan anggaran khusus pada tahun anggaran 2019 untuk program penyelamatan hutan," pungkasnya singkat. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.