Header Ads

Bahas Dana Insentif Desa, Kepala DPMDes Jadi Narsum di Kemenkeu RI


Jakarta, Garda Asakota.-

Kepala DPMDes Kabupaten Bima, Drs. Sirajuddin AP, MM,  diundang oleh Dirjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu RI sebagai Nara Sumber dalam Workshop Pemeringkatan Kinerja Desa di Hotel The Acacia Jakarta, Selasa (11/12). Sedangkan yang membuka acara yang dihadiri 160 utusan BPMDes se-Indonesia ini adalah Direktur Perimbangan Keuangan Kemenkeu RI, Putut Hari Satyaka. "Adapun materi workshop yakni sharing session penerapan Dana Insentif Desa (DINDA) dalam meningkatkan kinerja desa," ungkap Kepala BPMDes Kabupaten Bima kepada wartawan di sela-sela workshop berlangsung di Jakarta siang ini.


Menurutnya, salah satu tujuan workshop ini adalah dalam rangka mendapatkan masukan terhadap desain awal pemeringkatan kinerja desa. Adapun maksud dan tujuan DINDA ditetapkan dan diberikan kepada desa dengan maksud mengejewantahkan fungsi pemerintah desa sebagai penyelenggara urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat yaitu mensejahterahkan masyarakat desa melalui tata kelola pemerintahan yang baik dan akselerasi penerapan prinsip-prinsip pemerintahan yang baik bagi seluruh desa.

Pada moment strategis itu Sirajuddin AP memaparkan secara panjang lebar terkait dengan beberapa materi diantaranya tujuan kebijakan perbaikan tata kelola desa, kebijakan Pemda Kabupaten Bima tentang DINDA, prosedur dan mekanisme penilaian jinerja desa calon penerima DINDA, indikator dan variabel penilaian DINDA dan bentuk kinerja desa akibat DINDA. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.