Header Ads

Walikota Silaturahim dengan Warga Penerima Manfaat Program Rehab Rekon Rumah Pasca Banjir


Kota Bima, Garda Asakota.-

Sebagai persiapan pelaksanaan program rehabilitasi dan rekonstruksi rumah warga terdampak banjir bandang tahun 2016, pada Kamis, 8 November 2018, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bima melaksanakan kegiatan silaturahim dan sosialisasi dengan masyarakat penerima manfaat.

Acara berlangsung di aula kantor Walikota Bima, dihadiri oleh Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE, didampingi Asisten I Setda Kota Bima Drs. H. M. Farid, M.Si, bersama pimpinan OPD terkait yakni BPBD, Dinas PUPR, dan Dinas Perkim Kota Bima. Undangan berjumlah lebih kurang 100 orang, terdiri atas konsultan manajemen dan fasilitator program serta masyarakat penerima manfaat.

Pada tanggal 21 dan 23 Desember 2016, Kota Bima dilanda banjir bandang yang menimbulkan kerugian dan kerusakan yang cukup besar. Akibatnya, banyak keluarga yang kehilangan tempat tinggal karena rumahnya rusak berat.

Sebagai bentuk perhatian Pemerintah kepada masyarakat, maka dilaksanakanlah program perbaikan rumah warga terdampak banjir, yaitu 1.200 rumah baru dan 810 perbaikan rumah insitu. Program yang disosialisasikan hari ini adalah khusus perbaikan rumah insitu.

Berdasarkan laporan Kepala BPBD Kota Bima, data awal sasaran perbaikan rumah insitu adalah sebanyak 810 rumah, dengan rincian 379 unit rusak berat dan 431 unit rusak sedang. Berdasarkan hasil validasi data di lapangan, hanya 497 unit yang dinyatakan valid yakni 292 unit rumah rusak berat dan 205 unit rumah rusak.

Selanjutnya dilakukan klaim baru setelah perbaikan data, yaitu sebanyak 212 unit rumah dengan rincian 43 unit rusak berat dan 169 unit rusak sedang. “Masih tersisa 101 unit rumah yang belum bisa cair dananya sebab data belum valid. Hal ini dikarenakan beberapa kendala, antara lain ada dobel data dan kurang jelasnya riwayat properti (lahan/rumah)”, jelas Kepala BPBD Kota Bima Ir. H. Syarafuddin, MM.

Sementara itu, Walikota menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat penerima manfaat program rehab rekon rumah insitu yang hari ini hadir untuk bersilaturahim. “Pertemuan hari ini merupakan tahapan persiapan kita sebelum pelaksanaan pembangunan di lapangan”, kata Walikota.

Dikatakannya, pertemuan hari ini lebih kepada silaturahim dan penyampaian informasi kepada masyarakat penerima manfaat. Ia berharap masyarakat penerima manfaat dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk bertanya tentang hal-hal yang masih belum jelas agar tidak berpotensi menjadi masalah dalam pelaksanaan program kedepan. “Dalam pertemuan ini juga kiranya dapat dibahas tentang kendala yang dihadapi hingga saat ini, salah satunya penuntasan data rumah yang belum valid”, pesan Walikota.

Ia pun berpesan agar masyarakat mendukung berbagai program Pemerintah Daerah yang berhubungan langsung dengan mitigasi bencana, khususnya bencana banjir. Berbagai program tersebut yakni Gerakan Bersih Pantai dan Sungai, penertiban pemanfaatan ruang khususnya di bantaran sungai serta rehabilitasi kawasan hulu. Dalam kesempatan tersebut, Walikota juga menyerahkan secara simbolis buku tabungan bagi keluarga penerima manfaat. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.