Header Ads

Terungkap, 80 porsen Mesin PLN Cabang Bima Hasil Penyewaan


Kota Bima, Garda Asakota.-

Kemampuan PLN Cabang Bima untuk menyediakan pasokan listrik di wilayah Bima dan sekitarnya belum sepenuhnya dapat memenuhi kebutuhan listrik. Selama ini kemampuan daya bangkit listrik dirasakan pas-pasan, bahkan masyarakat masih sering diperhadapkan oleh jadwal pemadaman bergilir.

Saat kegiatan Talk Show Kelistrikan di cafe Falcao Kota Bima, Kamis malam (22/11) yang diselenggarakan oleh Persatuan Insinyur Indonesia (PII) terungkap keadaan ketenaga listrikan yang ada di Bima sekarang. Rupanya, beberapa mesin-mesin yang dimiliki oleh PLN Bima saat ini, dari 100 porsen mesin yang digunakan hanya 20 porsen saja mesin yang dimiliki oleh PLN Bima. Sedangkan 80 porsennya adalah mesin yang dibiayai secara penyewaan.



Pantauan langsung wartawan, kegiatan yang digelar Persatuan Insinyur Indonesia (PII) selain dihadiri oleh sejumlah pejabat Pemerintah Kota maupun Kabupaten Bima yaitu Walikota Bima  diwakili oleh Sekretaris BAPPEDA Kota Bima, Ir. H. Tafsir, Bupati Bima diwakili oleh Kepala Bappeda Kabupaten Bima, Drs. H. Muzakir, M.Si, juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bima, Kepala PLN se-pulau Sumbawa Ardhi Tartahadi, MBA, Manajer PLN UP3 Bima Dony Noor Gustiarsyah, ST, Kepala Balai ESDM pulau Sumbawa Ir. Syamsul Ma'arif,  Ketua PII Bima yang sekaligus sebagai Ketua DPD Aklindo NTB,  Hadi Santoso, ST, MM,  serta pengurus KNPI Kota dan Kabupaten Bima, dan ketua-ketua organisasi Nasional serta kepemudaan dan akademisi yang ada di kota maupun kabupaten Bima.

Ketua Panitia Pelaksana, Hadi Santoso menyebutkan bahwa Talk Show ini mengangkat tema "Bedah tuntas kelistrikan Bima untuk kehidupan yang lebih baik". Sebelum acara inti dimulai, pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pejabat dan tamu undangan yang menyempatkan diri untuk hadir dalam acara tersebut. "Ini merupakan kegiatan yang sederhana kami lakukan tapi Insya Allah akan memilikii makna yang luar biasa karena tujuan kami dari PII fungsinya mengsinergikan dari semua bidang-bidang kerja yang mempunyai bidang garapan keinsinyuran karena itulah kita mengsingkronisasi dalam akselerasi untuk perbaikan yang lebih baik dalam hal ketenaga listrikan untuk wilayah Bima," ucapnya.

Menurutnya, acara Talk Show tersebut ada beberapa Narasumber yang dihadirkan yang akan menyampaikan materi sesuai bidang teknis kelistrikan diantaranya Ardhi Tartahadi, MBA yang juga selaku Kepala PLN se-Pulau Sumbawa, Dony Noor Gustiarsyah selaku Manager UP3 PLN Bima, Kepala Bappeda Kota Bima, Kepala Bappeda Kabupaten Bima, serta Kepala Balai ESDM pulau Sumbawa. Dengan adanya kegiatan Talk Show tersebut, kata dia, diharapkan dapat ditemukan peluang/hambatan optimalisasi kinerja kelistrikan di Bima yang didasari hasil diskusi dan buah pemikiran secara bersama. (GA. Yan*)


No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.