Header Ads

Komunitas Kapue Gelar Lomba Kawubu, Rebut Piala Ketua DPRD Kobi

Syamsurih, SH

Kota Bima, Garda Asakota.-

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP) 28 Oktober 2018, Komunitas Kapue Indonesia menggelar Lomba Kawubu Mahir Bima. Even ini sekaligus memperebutkan piala Ketua DPRD Kota Bima. Ketua Panitia Pelaksana Lomba, Amirudin Iba, S.Sos, kepada Garda Asakota di halaman Kantor Kelurahan Rontu Kecamatan Raba Kota Bima, Kamis (1/11) menjelaskan bahwa kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari, yakni mulai tanggal 1-3 November 2018 dengan total jumlah peserta sebanyak 122 Kapue (Kawubu=red). "Inilah yang bisa komunitas kami lakukan dalam rangka memperingati  HSP dengan maksud melestarikan nilai budaya Bima seperti halnya even Pacuan Kuda," ujarnya.
Ketua DPRD Kota Bima, Syamsurih, SH, foto bareng anggota Komunitas Kapue Indonesia.



Diakuinya, kegiatan semacam ini bukan kali pertama digelar Komunitas Kapue, namun sudah tercatat sebanyak tiga kali dengan ini. Yang pertama, kata dia, di lokasi yang sama, memperebutkan piala Kelurahan Rontu dan yang kedua memperebut piala HM. lutfi SE. "Dan yang sekarang memperebutkan piala Ketua DPRD Kota Bima," sebut Amir.

Adapu peserta yang ikut partisipasi pada lomba tersebut bukan hanya datang dari Kota Bima, akan tetapi juga hadir para Komunitas Kapue dari Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu dan Sumbawa.
"Ini sungguh luar biasa, artinya para Komunitas Kapue sudah menyebar luas hingga luar Daerah Kota dan Kabupaten Bima," katanya seraya berharap kepada dinas terkait dalam hal ini Dinas Pariwisata (Dispar) dapat mendukungnya karena ini selain untuk menjalin silaturahim juga adalah salah satu Budaya Bima yang perlu disosialisasikan di ajang pameran baik di tingkat propinsi maupun secara nasional.

Ditempat yang berbeda, Ketua DPRD Kota Bima, Syamsuri SH, mengakui bahwa kegiatan Lomba Kapue bukan hanya digelar di Kota dan Kabupaten Bima saja. Akan tetapi kegiatan ini sudah meluas di berbagai daerah lainnya seperti di Papua, Mataram, bahkan di Jakarta sudah sering digelar. Bahkan di tahun yang akan datang, para Komunitas Kapue berencana akan menggelar even yang berskala Nasional bahkan Komunitas Kapue sepakat sebagai tuan rumahnya adalah Kota Bima. "Saya pribadi sangat mendukung kegiatan ini, bahkan kegiatan ini akan dijadikan sebagai kegiatan rutin pada momen-momen penting di Kota Bima," ujarnya. (GA.355*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.