Header Ads

Bappeda: Ranwal RPJMD 2018-2023 Kobi Orisinal, Bukan Copy Paste


Drs. Adisan Sahidu

Mataram, Garda Asakota.-

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Litbang (Bappeda Litbang) Kota Bima melalui Kepala Bidang Litbang, Drs Adisan Sahidu, menepis tudingan sejumlah pihak yang meragukan orisinalitas penyusunan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Bima 2018-2023 dibawah kepemimpinan Walikota Bima dan Wakil Walikota Bima, HM Lutfi-Feri Sofiyan yang disusun timnya.

“Rancangan itu orisinal hasil kerja Bappeda Litbang Kota Bima yang disusun berdasarkan Permendagri Nomor 86 Tahun Tahun 2017 dimana susunan BAB nya terdiri dari 9 BAB. BAB I hingga BAB 4 itu disusun sejak bulan Januari 2018 lalu, sebelum dilakukannya penetapan Pemerintahan Walikota dan Wakil Walikota Bima yang baru oleh KPU. Ranwal itu disebut dengan Ranwal Teknokratik dan mengacu kepada Rencana Program Jangka Panjang (RPJP) 2008-2028, yang sudah memasuki Periode Ketiga 2018-2023 pada saat sekarang ini,” jelas Adisan Sahidu kepada wartawan media ini, Kamis 15 November 2018.

Kalimat ‘Water Front City’ itu, diakuinya memang termuat pada BAB 4 RPJMD tersebut karena kalimat itu dijadikan sebagai suatu acuan bagi pemerintahan selanjutnya sebagaimana amanat Permendagri 86/2017. 

“Jadi ada 8 amanat yang harus dilaksanakan dalam penyusunan RPJMD sebagaimana tertuang dalam aturan tersebut salah satunya itu adalah evaluasi kinerja Pemerintahan Sebelumnya. Kalimat ‘Water Front City’ itu muncul pada BAB 4 RPJMD sebagaimana tertuang dalam Perda Nomor 04 Tahun 2012 tentang RTRW. Dan itu hanya sebagai suatu review atas kondisi RTRW Kota Bima yang akan menjadi bahan evaluasi kedepannya. Jadi bukan copy paste, justru dokumen RPJMD ini disusun berdasarkan pengalaman diasistensi oleh Kemendagri agar bersifat terukur dan berkualitas,” terang pria yang menjadi Koordinator Tim RPJMD Kota Bima ini.

Dikatakannya, pada BAB 5 sampai dengan BAB 9 RPJMD itulah baru kita padukan dengan Visi Misi yang diusung oleh Walikota Bima dan Wakil Walikota Bima, HM Lutfi dan Feri Sofiyan. Dengan Visi Kota Bima untuk periode RPJMD Tahun 2018-2023 adalah "Mewujudkan Kota Bima yang BERKUALITAS dan SETARA menuju masyarakat yang Maju dan Mandiri". Dengan dijabarkan kedalam 5 misi pembangunan jangka menengah Kota Bima seperti Mewujudkan Masyarakat Berkualitas yang Berdaya Saing; Mewujudkan Masyarakat Sejahtera melalui pemerataan pembangunan dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat yang Berbasis Pengembangan Produk Unggulan; Menghadirkan  Penyelenggaraan Pemerintahan dengan mengedepankan Prinsip Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik; Mewujudkan Lingkungan yang Berkualitas dan Ramah, melalui Penyediaan Infrastruktur Pendukung Perkotaan yang terintegrasi dengan Pengurangan Resiko Bencana; Mewujudkan Masyarakat yang Berkarakter dan Agamais.

Untuk itu dirumuskan Prioritas Pembangunan  Kota Bima Pembangunan   Kesehatan, Pembangunan   Pendidikan, Pembangunan Ekonomi berbasis Potensi  Unggulan Daerah, Pembangunan Ketenagakerjaan, Penanggulangan Kemiskinan, Reformasi Birokrasi, Pembangunan Lingkungan Hidup dan Penataan  Ruang, Pembangunan   Infrastruktur dan Penataan Kawasan Kumuh, Pengurangan Resiko  Bencana, Pembangunan   Pariwisata dan Budaya, serta pembangunan di bidang keagamaan,” pungkas Adisan. (GA. 211/355*)



No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.