Header Ads

Setiap Minggu, Dua Jalur di Pesisir Pantai Panda Jadi Area Bebas Kendaraan


Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, Minggu pagi (14/10), secara resmi telah menetapkan dan meresmikan ruas jalan Negara dua jalur di pesisir pantai Desa Panda Kecamatan Palibelo sebagai area "Car Free Day" (CFD). Dengan demikian, pada setiap hari Minggu di jalur ini hanya digunakan oleh masyarakat dengan berbagai aktivitas. "Kegiatan Car Free Day yang dilaksanakan ini mempunyai makna yaitu hari bebas kendaraan bermotor," ungkap Bupati Bima.


Diakuinya, keberhasilan penyelenggaraan kegiatan Car Free Day merupakan  bukti komitmen dan kerjasama semua pihak baik pemerintah daerah, unsur kepolisian, dunia usaha dan partisipasi warga masyarakat. Kegiatan CFD ini, juga dimaksudkan sebagai upaya mengurangi polusi udara, khususnya akibat penggunaan kendaraan bermotor sehingga kualitas udara di Kabupaten Bima dapat meningkat sehat dan membawa dampak positif. "Kita semua berharap  dengan adanya kegiatan seperti ini kedepanya Kabupaten Bima dapat menjadi salah satu solusi untuk menciptakan kualitas hidup yang lebih sehat, nyaman dan bersih," harapnya seraya menegaskan bahwa secara berkala setiap Minggu, Pemkab Bima melalui  CFD akan memfasilitasi tumbuhnya beraneka potensi, kreatifitas dan inovasi masyarakat di bidang seni, budaya, olahraga dan kegiatan sosial.

Mengingat keberlangsungan CFD bergantung juga pada partisipasi aktif masyarakat dari berbagai komunitas, sehingga dengan adanya kegiatan ini  kepada dunia usaha dan masyarakat dapat aktif mencermati dan  menangkap peluang untuk menumbuhkan potensi ekonomi kreatif dari kegiatan Car Free Day ini. Kepada jajaran Badan, Dinas, Kantor atau bagian di lingkungan Pemkab Kabupaten Bima untuk terus  mendorong terciptanyanya multiplier efek yang sehat dan dinamis sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

Kepada pemangku kepentingan agar memantau, memonitor dan mendeteksi dini terhadap gelagat patologis akibat penyelenggaraan CFD, misalnya ketidakteraturan PKL, kriminalitas, kebersihan dan sebagainya. Dengan begitu kita bisa mengantisipasi secara dini dan segera dapat mencarikan solusinya. Pantauan langsung wartawan, momentum car free day ini ditandai dengan pelepasan balon oleh Bupati Bima yang didampinggi oleh Wakil Bupati Bima, Kapolres Bima, Dandim 1608 Bima, Kepala Bandara Sultan Muhamad Salahuddin Bima. Selain pelepasan Balon sebagai tandai dimulainya lonching Car Free Day, pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan kegiatan sepeda santai serta melakukan senam bersama. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.