Header Ads

Kick Off Gala Desa tingkat Kabupaten Bima Dimulai


Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Gala Desa  merupakan kegiatan olahraga di perdesaan dapat melahirkan talenta para atlet-atlet muda berbakat. Demikian dikatakan Kemenpora RI yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Politik Kemenpora RI, Dr. Yuni Poerwati, M.Si, pada saat menghadiri pembukaan Kick Off Gala tingkat Kabupaten Bima yang dilangsungkan di lapangan Talabiu Kecamatan Woha, Sabtu (13/10). "Kegiatan gala desa ini merupakan salah satu program dari Kemenpora RI guna menciptakan pembudayaan olahraga di kalangan masyarakat desa/kelurahan, sehingga mampu menggairahkan olahraga di tataran kelompok masyarakat terbawah sekaligus melalui program ini kedepannya dapat  menciptakan bibit-bibit baru maupun atlit yang berbakat dari cabang olahraga yang dipertandingkan," ungkapnya seperti dilansir Kabag Humas dan Protokol Setda, Hj. Sitha Arna, S.Sos.



Menurutnya, selain dihadiri Staf Ahli Bidang Politik Kemenpora, kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Bupati Bima, Wakil Bupati Bima, Dahlan M. Noer, Kapolres Bima Kabupaten AKBP. Bagus Satrio Wibowo, SH. S.Ik, Dandim 1608 Bima Letkol. Inf. Bambang Kurnia EKa P, para Asisten lingkup Pemerintah Kabupaten Bima, para Kepala OPD Lingkup Pemkab Bima, Kepala Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima beserta jajarannya, para camat, Toga, Toma, serta warga masyarakat. Kegiatan gala desa ini diharapkan akan memberikan dampak yang positif kepada muculnya bibit olahragawan yang kedepannya akan menjadi atlet berprestasi sehingga perlu dijaring dan dibina secara berjenjang dan berkesinambungan. "Masyarakat desa meruakan salah satu potensi yang semestinya digali untuk mendapatkan calon atlet yang dapat berkiprah ditingkat Nasional maupun internasional," kata Dr Yuni.

Maksud diadakan kegiatan ini, sambung Yuni, untuk mendukung kebijakan revolusi mental melalui olahraga dan mendukung kebijakan pembangunan mulai dari tingkat desa sehingga kedepannya akan menjadikan masyarakat sehat dan bugar, sehingga terciptanya ketahanan sosial, tercipta persaudaraan, sportivitas, disiplin dan karakter yang tangguh. Yuni Poerwati berharap melalui gelaran gala desa ini mampu menciptakan budaya olahraga di level kelompok masyarakat yang terkecil, yakni di perdesaan atau kelurahan dengan demikian, indeks kebugaran masyarakat Indonesia yang kurang dari 15 persen, kedepanya  bisa ditingkatkan secara signifikan menjadi minimal 30 persen.

Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri sebelum membuka Kick Off Gala Desa tahun 2018 ini juga berharap dengan adanya kegiatan kick off gala desa ini dapat memicu  dan membangkitkan gairah masyarakat untuk lebih aktif lagi berolahraga. Ditebaskannya bahwa, olahraga harus menjadi budaya masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. "Maka dari itu melalui kegiatan olahraga mampu melahirkan olah pikir, olah hati, dan olah rasa, sehingga olahraga tidak hanya dapat menjaga kebugaran fisik, tetapi sekaligus menumbuhkan semangat kekeluargaan, kebersamaan, serta persatuan dan kesatuan," tegasnya.

Diakuinya bahwa, di Wilayah Kabupaten Bima memiliki banyak atlit potensial yang berbakat menorehkan dan mengharumkan nama daerahnya seperti Adrian peraih medali emas pada cabang Olahraga lari 4 x 400 meter pada Pekan Olahraga Nasional beberapa waktu yang lalu,sehingga melalui kegiatan kick Off Gala Desa yang dilaksanakan ini akan lahir talenta muda para atlet yang dapat mengharumkan nama daerahnya di kancah Nasional maupun internasional. "Semoga dengan penyelenggaraan kegiatan ini dapat mengembalikan jiwa olahraga masyarakat Kabupaten Bima, dan saya bersama seluruh masyarakat Kabupaten Bima siap mensukseskan kegiatan gala desa tahun 2018 ini," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima H. Ma’ruf, SE, menambajkan bahwa egiatan gala desa ini dilaksanakan di 544 desa/kelurahan, 136 kabupaten/kota dan 34 provinsi (setiap desa/kelurahan menyelenggarakan 1 cabang olahraga). Adapun jumlah peserta yang mengikuti pertandingan ini diantaranya cabang olahraga Sepak Bola diikuti  sebanyak 38 tim, cabang olahraga Volly Ball Putera diikuti sebanyak 24 tim dan Volly Ball Puteri diikuti seebanyak 15 tim,  cabang olahraga Atletik diikuti peserta sebanyak 150 orang dan Putri diikuti oleh 120 orang peserta, cabang olahraga Tenis Meja diikuti sebanyak 50 orang atlet Putra dan 20 orang atlet Putri.

Untuk pelaksanaan Cabang Olahraga Sepak Bola dilangsungkan di lapangan Talabiu Kecamatan Woha, cabang olahraga Volly Ball akan dilaksanakan di Desa Rupe Kecamatan Langgudu, cabang olahraga Ateltik akan dilaksanakan di Desa Sie Kecamatan Monta serta cabang olahaga Tenis Meja akan dilaksanakan di Desa Doro O’O Kecamatan Donggo  dengan waktu pelaksanaan selama 2 (dua) bulan mulai dari tanggal 13 Oktober s/d tanggal 13 November 2018. Pada kesempatan ini Staf Ahli Bidang Politik Kemenpora RI, Dr. Yuni Poerwati, M.Si menyerahkan tropi/piala bergilir kepada Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, serta melakukan tendangan perdana sebagai tanda dimulainya pelaksanaan Kick Off Gala Desa yang mempertemukan tim dari Granat Talabiu Vs. Tim dari Samili FC. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.