Header Ads

Difasilitasi Diskop dan UMKM Akan Dibangun Perhotelan di Kawasan Bandara Sultan M Salahuddin Bima

Foto: Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bimwla, Ir. Bahtiar 
Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Dinas Koperasi dan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Kabupaten Bima memberikan rekomendasi dan fasilitasi pembiayaan terhadap UKM Ruma Niwa dalam rencana pengembangan potensi produk khas Daerah Bima dan rencana pembangunan perhotelan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan potensi dan kemajuan pelaku usaha kecil menengah dalam mengembangan produk khas daerah Bima seperti memanfaatkan potensi hasil alam baik itu hasil pertanian maupun hasil laut untuk menjadi produk unggulan daerah Kabupaten Bima.

Bukan hanya itu, menurut Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bima, Ir. Bahtiar, kepada wartawan, Senin (22/10), Dinas Koperasi dan UMKM juga telah memberikan rekomendasi dan siap memfasilitasi terkait pembiayaan perencanan pembangunan sebuah gedung perhotelan di wilayah Palibelo dekat Bandar Udara Sultan Muhammad Salahudin Bima melalui kerjasama antara CV. Ruma Niwa  dengan PT. Jam Krida, dengan alokasi anggaran sebesar Rp8 Milyar. Direncanakan,  pembangunan perhotelan tersebut mulai dikerjakan pada tahun 2019. "Kedepan perhotelan ini nantinya akan dikelola oleh CV. Ruma Niwa sebagai mitra kerja PT. Jam Krida. Mudah-mudahan apa yang menjadi rencana kami ini bisa berjalan lancar," katanya.

Pihaknya berharap dukungan dari pemerintah daerah Kabupaten Bima mengingat apa yang menjadi rencana ini akan menjadi ladang sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Pemkab Bima di masa datang, dengan pemanfaatan pajak serta retribusi dari perusahaan tersebut.
"Bukan hanya pajak dan retribusi yang bisa di tarik oleh pemerintah daerah akan tetapi pemerintah daerah Kabupaten Bima melalui Dinas Koperasi dan UMKM juga dapat memanfaatkan hasil inovasi dan kreatifitas para pelaku usaha kecil menengah agar dapat memanfaatkan produk-produk khas daerah yang akan di pasarkan di sekitar Bandar Udara Sultan Muhamad Salahudin Bima sebagai oleh-oleh yang bisa di bawa pulang oleh orang-orang yang berkunjung di Bima," harap Bahtiar. (GA. Yan*)


  

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.