Header Ads

Desa Lambu dan Soro, Lokasi TMMD ke-103 di Kabupaten Bima


Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Desa Lambu dan Desa Soro Kecamatan Lambu Kabupaten Bima dijadikan sebagai lokasi Pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103. kegiatan tersebut diawali dengan upacara pembukaan TMMD ke-103 yang bertempat di lapangan Desa Lambu, Senin (15/10), dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Bima, Dahlan M.Noer (DMN).




Kabag Humaspro Pemkab Bima, Hj. Sitha Arna, S. Sos, menjelaskan bahwa kegiatan upacara pembukaan TMMD ke-103 ini dihadiri oleh Komandan Korem 162 Wirabakti, Kolonel CZI Ahmad Rijal Ramdhani, S.Sos, SH, M.Han, Sekda Kabupaten Bima,  Dandim 1608 Bima beserta unsur TNI, para Ibu-Ibu yang tergabung dalam Kartika Candra Kirana, Camat Lambu beserta unsur Muspika, Toga, Toma, tokoh Pemuda, dan warga masyarakat.

Pada kesempatan itu, kata dia, Wakil Bupati Bima diakui bahwa TMMD ikut membantu pemerintah daerah serta masyarakat guna percepatan pemerataan program pembangunan pemerintah daerah dan meningkatkan kontibusi serta kebersamaan antara pemerintah dan masyarakatdan TNI dalam rangka kemanunggalan TNI dengan Rakyat. Dijelaskannya bahwa kegiatan TMMD ke -103 ini dilaksanakan mulai tanggal 15 Oktober s/d 13 November tahun 2018 dengan tema  "TNI MANUNGGAL RAKYAT DALAM MEWUJUDKAN DESA YANG MAJU, SEJAHTERA DAN DEMOKRATIS". "Hal ini mencerminkan keseriusan TNI dan  pemerintah daerah dalam meningkatkan pembangunan di daerah guna tercapainya kesejahteraan masyarakat," paparnya.

Dipilihnya desa Lambu dan desa Soro sebagai tempat pelaksanan TMMD ke-103 ini dalam rangka membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan yang bersifat fisik dan non fisik dalam rangka menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh. Wabup berharap dengan adanya kegiatan seperti ini akan tumbuh semangat kebersamaan, gotong royong dan rasa kekeluargaan dan meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam membangun daerahnya serta tercipta jiwa persatuan dan kesatuan serta terwujudnya kebersamaan antara pemerintah, TNI dan masyarakat.

Sementara, Dandim 1608 Bima, Letkol Inf. Bambang Kurnia Eka Putra, menjabarkan rencana aksi TMMD yang meliputi sasaran fisik yaitu perbaikan masjid Arrahman desa Lambu meliputi pembangunan emperan keliling ukuran 39 X 3 Meter, rehab WC 2 unit Ukuran 2 X 3 m, rehab tempat wudhu uk. 4 X 2,5 meter, pembangunan Poskamling 2 unit uk. 2,5 x 2,5 m, pembukaan jalan alternative penghubung desa Lambu dan desa Nggelu ukuran 3200 x 5 meter. Selanjutnya perbaikan Mushhola Nuru Taufiq desa Soro meliputi pembangunan WC 2 Unit Uk. 15 x 2 meter, rehab tempat wudhu  3 x 1 meter, pengadaan kubah induk mushola dan pemasangan paving blok halaman Mushola  12 x 5 M. pembangunan tempat pembuangan sampah 1 unit desa Soro 3 x 3 m, pembangunan Poskamling 1 unit desa Soro 2,5 x 2,5 m. Sedangkan untuk sasaran non fisik meliputi penyuluhan tentang agama, penyuluhan tentang wawasan Kebangsaan, penyuluhan tentang bahaya narkoba dan terorisme, penyuluhan tentang KB, penyuluhan tentang Kesehatan, penyuluhan tentang Ketahanan pangan, penyuluhan tentang Kebudayaan dan pariwisata, penyuluhan tentang hokum dan HAM, penyuluhan tentang bencana alam dan bencana sosial, penyuluhan tentang Kelautan dan Perikanan, penyuluhan tentang perbankan, bakti sosial dan bazar, kemah Bela Negara dan pemutaran Film Perjuangan.

Momentum tersebut diserahkan secara simbolis Alat Tolkit pekerjaan dalam hal ini diterima oleh salah satu perwakilan dari TNI dan warga masyarakat oleh Wakil Bupati Bima, Dahlan M.Noer. Selain dilakukan upacara pada kesempatan tersebut Wakil Bupati didampingi  oleh Komandan Korem 162 Wirabakti Kolonel CZI Ahmad Rijal Ramdhani, S.Sos, SH, M.Han,  Dandim 1608 Bima, Camat Lambu, melakukan pemukulan Gong sebagai tanda dimulainya pelaksanaan TMMD ke-103. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.