Header Ads

Bupati Bima Buka Kegiatan Bursa Inovasi Desa tingkat Kabupaten Bima



Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima menggelar kegiatan Bursa Inovasi Desa dalam Memantapkan Penggunaan Dana Desa yang Efektif dan Efisien Menuju Masyarakat Desa yang Sejahtera. Kegiatan inovasi desa yang di gelar di kantor Bupati Bima ini dihadiri oleh DR. Badrul Munir, DR. Kadri, FKPD, Tim Inovasi Desa dan seluruh jajaran Kepala Desa serta para Camat se- Kabupaten Bima, Rabu (17/10).




Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan inovasi serta edukasi bagi seluruh lembaga pemerintah desa agar mampu secara efektif dan efisien dalam menggunakan dana desa untuk mencapai masyarakat yang sejahtera. Kegiatan tersebut juga di lakukan penyerahan buku inovasi desa oleh Kepala BPMDes Kabupaten Bima, Drs. Sirajuddin AP, MM, dan  DR. Badrul Munir,  sebagai penulisnya.

Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, yang membuka secara resmi kegiatan inovasi desa mengharapkan agar pemerintah desa mampu mengelola secara serius dalam menggunakan anggaran desa. Dia juga menghimbau kepada jajaran dinas tehnis BPMDes agar sering turun ke tiap-tiap desa dalam bentuk mengontrol serta mendampingi desa agar ada hubungan yang harmonis antara pemerintah desa dengan pemerintah dinas pemberdayaan masyarakat desa.

Menurutnya, da 3 indikator yang menjadi unsur pembangunan pemerintah desa yang efekti dan efisien  yang pertama adalah pembangunan infrastruktur, kedua perekonomian dengan menciptakan wirausaha muda di perdesaan dan yang ke tiga pemberdayaan sumber daya manusia yang ada di desa.

Sementara itu, Kepala DPMDes Kabupaten Bima, Drs. Sirajuddin Andi Parani, MM, menjelaskan bahwa kegiatan bursa inovasi Desa tingkat Kabupaten Bima tahun 2018 yang dilaksanakan ini dalam rangka untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaian masalah serta inisiatif maupun alternative kegiatan pembagunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif serta merupakan forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi yang berkembang di desa di Kabupaten Bima maupun di luar Kabupaten Bima  dengan harapan menjaring komitmen pemerintah desa dalam mengadopsi inovasi yang dipelajari dalam bursa inovasi desa.

Adapun jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 800 orang terdiri dari Tim Inovasi Kabupaten BIma, Camat se-Kabupaten Bima, Kepala Desa, Ketua BPD, Ketua LPMD se-Kabupaten Bima, dan tim pelaksana inovasi desa se-Kabupaten Bima. Pihaknya selaku Kepala DPMDES Kabupaten Bima berharap kepada seluruh Kepala Desa dan BPD untuk memprioritaskan penggunaan dana desa pada 3 (tiga) bidang Prioritas Kementerian Desa diantaranya Bidang Infrastruktur yang lebih difokuskan pada pembangunan embung dan lapangan olahraga desa, bidang Sumber Daya Manusia lebih difokuskan pada Pengembangan Pendidikan dan Kesehaan terutama PAUD dan Posyandu serta bidang Ekonomi dan Kewirausahaan lebih difokuskan pada Pengembangan BUMDes, BUMDes bersama, serta pengembangan Produk Unggulan Desa  dan Kawasan Desa.

Pantauan langsung wartawan, momentum tersebut Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri didampingi oleh Para Assiten, Kepala DPMDes,  DR. Badrun Munir dan pejabat lingkup Pemkab Bima lainnya melakukan peninjauan stand-stand dan menyerahkan buku revolusi desa arus balik gerakan desa membangun Indonesia yang ditulis oleh DR. Badrun Munir. Buku tersebut secara simbolis diterima langsung oleh Kepala DPMDes Kabupaten Bima, Drs Sirajuddin AP, MM, yang  selanjutnya buku ini akan diserahkan langsung kepada 191 Kepala Desa se-Kabupaten Bima. (GA. Yan*)


No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.