Header Ads

Ribuan Warga Bima-Dompu di Mimika Papua Hadiri Acara Pertemuan Akbar 1 Muharram


Papua, Garda Asakota.-

Ikatan Keluarga Bima Dompu Mimika (IKBDM) Provinsi Papua Minggu(16/9) menggelar Pertemuan Akbar yang juga dirangkaikan dengan Peringatan Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah. Acara yang dihelat di aula Masjid AR Rahman Timika tersebut selain dihadiri oleh masyarakat Bima Dompu hadir juga Pimpinan Kerukunan Masyarakat NTB, Pimpinan Rukunan dari Jawa, Sulawesi dan Maluku.

Ketua Ikatan Kerukunan Bima Dompu Mimika (IKBDM) Muhammad Yani, mengatakan bahwa pertemuan akbar rutin dilaksanakan tiap tahun dan agenda-agenda pertemuan lainnya tetap juga dilaksanakan pada tiap bulan. Pria berpangkat Aiptu yang juga putra asli Mbuju Sape ini menyebutkan bahwa KK Bima Dompu di Kabupaten Mimika sebanyak 700 KK dengan jumlah 1200 jiwa. "Dengan besarnya jumlah kerukunan Bima Dompu ini, kami berharap agar kita tetap menjaga silaturahmi, persatuan kesatuan, menjaga Kantibmas dan toleransi di tengah keragaman Agama," harapnya.




Pantauan langsung Garda Asakota jumlah peserta yang hadir di acara tersebut sebanyak 700 orang terdiri dari Masyarakat Bima Dompu 500 orang dan 200 tamu undangan. Selain mendengarkan Ceramah Agama yang disampaikan oleh Ustad Hadi juga dirangkaikan dengan acara hiburan persembahan Group Shalawat Bimantara dimana personilnya dari putra-putra Raba Dompu dibawah pimpinan Aipda Ramli, SH Putra Ncera Belo yang juga Wakil Ketua IKBDM. Group Bimantara mempersembahkan lagu shalawat, pasapu monca dan meci mena angi di Rasa Dou.

Tokoh Masyarakat Jawa Pimpinan Ponpes Al Zaitun Cabang Papua, Ustadz Umar Habib  memberikan apreasiasi atas kebersamaan masyarakat Bima Dompu di Kabupaten Mimika. Menurutnya kebersamaan adalah modal dasar di tengah keragaman Agama dan Suku di Timika. "Ini yang harus menjadi prinsip kita," kata pria yang Ketua Bazda Kabupaten Mimika ini. Disamping tetap menjalin hubungan silaturahmi antar pendatang pihaknya juga membagi rezeki untuk para korban bencana di luar Timika seperti kemarin BAZDA dan MUI MIMIKA memberikan santunan kepada korban Gempa dibLombok dan Sumbawa senilai Rp500 juta. (GA. 004*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.