Header Ads

Penataan 19 Titik TPU Habiskan Dana Rp3,6 Milyar



Kota Bima, Garda Asakota.-

Sebanyak 19 lokasi Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang tersebar di beberapa Kelurahan yang ada di wilayah Kota Bima pada tahun 2018 ini telah dilaksanakan pekerjaan penataan pagar yang digolkan melalui aspirasi rakyat di lembaga legislatif. Kepala  Bidang Pertamanan dan Pemakaman Dinas Lingkungan  Hidup (DLH) kota Bima, M. Wildan, Selasa siang (4/09) menyebutkan bahwa adanya 19 lokasi TPU yakni Lelamase, Toloweri, Sabali, Kumbe, Kodo, Jatiwangi, Rite, Penatoi, Nae, Tolobali, Paruga, Jatibaru, Suntu, Bedi Manggenaci, dan TPU Penaraga. Adapun total dana yang dikucurkan untuk pembangunan tersebut yakni sebesar Rp3,6 Milyar.

Menurutnya, tidak semua lokasi penataan sama nilai alokasi anggarannya karena telah diperhitungkan dari segi kerusakannya maupun luas areal lokasi pagar pemakaman yang di bangun. "Jadi perkiraan dana pembangunan terendahnya sekitar Rp70 juta sementara dana pembangunan terbesarnya adalah sebesar Rp200 juta," katanya. Wildan menambahkan bahwa hingga  hari ini proses pembangunan penataan pagar pemakaman tersebut progresnya sudah mencapai 98 porsen tinggal satu atau dua lokasi saja yang belum rampung. "Itupun bukan fisik pagarnya yang belum tuntas namun urusan administrasi saja," akunya.

Dia berharap di APBDP tahun ini pun akan tetap di lanjutkan pembangunan penataan pagar pemakaman yang belum karena keterbatasan anggaran seperti Pemakaman Nae dan Tolobali yang arealnya cukup  besar begitupun lokasi-lokasi pagar TPU lainnya. "Mudah-mudahan mendapat perhatian yang sama di tahun-tahun mendatang dan kepada masyarakat di sekitar lokasi Pemakaman yang sudah di lakukan pkekerjaan penataan pembangunan pagarnya untuk sama-sama menjaga dan melestarikan keberadaan fisik pagar tersebut sehingga dapat bertahan lama dalam kondisi baik seperti saat ini," harapnya. (GA. 003*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.