Header Ads

Lomba Cipta Menu B2SA tingkat Kabupaten Bima Tahun 2018 Digelar


Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (LCM B2SA) berbasis Sumber Daya Lokal Tingkat Kabupaten Bima tahun 2018 bekerjasama dengan Tp. PKK Kabupaten Bima dengan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten BIma  digelar. Kegiatan tersebut langsung dibuka oleh Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri pada hari Rabu (19/9) di halaman kantor Bupati BIma.




Hadir dalam kegiatan lomba ini selain ibu-ibu Ketua TP. PKK Kecamatan, juga dihadiri oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Bima Hj. Rostiati Dahlan, S.Pd, Kabag, para Camat serta para tim juri yang terdiri dari Hj. Ramlah Mawardi, S.Sos, MM, Eny Estiana, S.Sos, dan Titha Masitah, SP. M.Si.

Bupati Bima menyampaikan bahwa kegiatan LCM B2SA ini merupakan salah satu agenda rutin setiap tahun yang dilaksanakan mulai dari tingkat pusat sampai di daerah, Hal ini dikarenakan keberadaan konsumsi pangan yang berkualitas sangat penting dalam rangka menunjang pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang sehat, aktif, cerdas dan produktif. Kualitas Konsumsi pangan ini dipengaruhi oleh keragamana jenis pangan yang dikonsumsi, dimana semakin beragam jenis pangan yang dikonsumsi, semakin mudah tubuh memperoleh berbagai jenis zat gizi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Kegiatan ini juga, dihajatkan untuk meningkatkan pengetahuan, mendorong kreatifitas masyarakat, juga membiasakan keluarga untuk mengkonsumsi pangan sesuai dengan standar gizi dan sesuai potensi sumberdaya wilayah. "Tentu saja Kita berharap, melalui Lomba yang digelar pada hari ini Kabupaten Bima   kita akan memperkenalkan Menu Makanan Beragam, Bergizi, Seimbang Dan Aman yang dimiliki Kabupaten Bima," katanya.

Lomba yang dilaksanakan pada hari ini juga merupakan wahana yang baik bagi para tim penggerak PKK tingkat kecamatan untuk saling membagi pengetahuan dan wawasan yang berkaitan dengan konsumsi makanan yang sehat dan seimbang bagi diri dan keluarga Untuk itu para peserta tidak hanya  dituntut untuk menjadi juara, tetapi yang lebih penting adalah lahirnya semangat untuk terus memotivasi masyarakat agar mau mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang melalui inovasi dan kreatifitas dalam pengelolaan makanan dari bahan pangan. Karena salah satu kunci keberhasilan dalam pengolahan makanan berbasis sumberdaya lokal adalah inovasi dan kreatifitas dalam penyajian.

Bupati Bima berharap, setelah lomba ini kita semua secara bersama terus berupaya  meningkatkan pengetahuan masyarakat dan dapat membiasakan keluarga mengkonsumsi makanan beragam, bergizi dan berimbang untuk kebutuhan sehari-hari, dengan memanfaatkan potensi pangan yang ada di sekitar.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bima, Ir. Heru Priyanto, mengutarakan maksud dan tujuan digelarnya acara tersebut. Salah satunya, kata dia, dalam rangka untuk meningkatkan pemahaman setiap individu dalam menerapkan konsumsi B2SA khususnya ibu rumah tangga yang bertanggungjawab dalam menentukan dan menyediakan menu keluarga. Melalui lomba ini diharapkan masyarakat  khusunya peserta lomba dapat berkreasi menciptakan/mengembangkan resep yang beragam, bergizi seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal serta dapat diterapkan sebagai menu keluarga sehari-hari. Resep perlu dimodifikasi agar putra/putri kita tidak bosan. "Jadi, tujuan dari kegiatan LCM B2SA tersebut adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan B2SA, meningkatkan pemahaman peserta/masyarakat dalam penerapan prinsip B2SA, dan mendorong dan meningkatkan kreatifitas masyarakat dalam mengembangkan atau menciptakan menu B2SA berbasis sumber daya lokal," paparnya.

Momentum tersebut ditandai dengan bantuan/hibah barang yang bersumber dari APBD Kabupaten Bima tahun 2018 kegiatan penyuluhan sumber pangan alternative dan pencanangan gerakan konsumsi pangan lokal/non beras yang diterima oleh Kelompok Wanita Tani Mandiri Desa Kalampa Kecamatan Woha dengan ketua Turayah Samsuddin, Kelompok Wanita Tani Mawar Desa Tambe Kecamatan Bolo dengan ketua Sry Dody, Kelompok Wanita Tani Meci Angi Desa Tangga Kecamatan Monta dengan ketua Dra. Ubaidah serta Kelompok Wanita Tani Makmur  Desa Monta Baru  Kecamatan Lambu dengan ketua, Hj. Haryati. Bantuan yang diberikan berupa Kompor 1 unit, wajan besar 1 unit, sutil 2 unit, serokan 2 unit, oven 1unit, elektrik sealer 1 unit, pisau stanles 1 unit, kompor gas dan tabung regulator 1 set serta alat mesin penggiling tepung, kopi, kelapa masing-masing 1 unit.

Momentum tersebut juga ditandai dengan penyerahan cinderamata berupa seperangkat pangan lokal dari Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bima kepada Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri dan Ketua TP. PKK Kabupaten Bima Hj. Rostiati Dahlan yang diserahkan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bima Ir.  Heru. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.