Header Ads

Siap Berlaga 600 Kuda, Lomba Pacuan Kuda Sambinae Dukung Program Pariwisata Kobi

A. Haris, ST, Ketua Panitia Pacuan Kuda Sambinae Kota Bima.

Kota Bima, Garda Asakota.-

Setelah sukses terlaksananya lomba Pacuan Kuda Perdana yang dihelat beberapa waktu lalu di arena Pacuan Kuda Sambinae dengan jumlah peserta sebanyak 570 lebih Kuda. Jika sebelumnya, peserta masih terbatas pada Kuda Pacuan di Bima, akan tetapi pada lomba Pacuan Kuda yang kedua saat ini dipastikan ikut berlaga sejumlah kuda ternama di berbagai Daerah di pulau Sumbawa. "Jadi cakupannya bukan hanya di tingkat Kota dan Kabupaten Bima saja, akan tetapi meluas se-pulau Sumbawa," kata Ketua Panitia Pelaksana Pacuan Kuda Kota Bima, A. Haris ST, kepada Garda Asakota, Kamis (23/8).


Diperkirakan, kuda yang berlaga pada momen pacuan kali ini lebih kurang 600 Kuda Pacuan. Hal ini terlihat dari tingginya antusiasme para pemilik Kuda mendaftar di panitia pelaksana. "Yang kita lihat ini baru dua hari pendaftaran saja, sudah tercatat lebih dari 100 kuda dan puncaknya pada hari ini," sebutnya didampingi Sekretaris Pordasi, Rajiman, ST, seraya mengakui bahwa karena waktu pengukuran kura mepet dengan pelaksanaan Hari Raya Idul Adha, maka ada kemungkinan pihaknya akan mengundur jadwal pembukaan pelarian kuda hingga hari Minggu tanggal 26 Agustus.

Haris juga membeberkan total jumlah hadiah yang akan diraih Kuda Pacuan yang juara seperti hadiah juara pertama di setiap kelasnya akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp10 juta, juara II, Rp7 juta, juara III Rp5 juta, sementara untuk juara IV, V,  dan VI, masing-masing Rp2.5 juta. Sementara pada perebutan jauara umum, mereka akan mendapatkan hadiah yang luar biasa lagi. seperti juara satu umum itu mendapatkan uang tunai sebesar Rp7 juta, juara II, Rp5 juta dan juara III, Rp4 juta. Sedangkan untuk juara IV, V dan VI itu akan mendapatkan masing-masing Rp2 juta. "Selain uang tunai, mereka juga akan diberikan hadiah berupa piala mulai dari juara satu hingga juara empat. Bahkan mereka juga akan mendapatkan piala bergilir Pordasi Kota Bima yang diperebutkan pada kejuaraan umum untuk kelas tunas A dan dewasa A. "Semoga saja pada pelaksanaan Pacuan Kuda yang kedua kalinya, Pordasi Kota Bima dibawah pimpinan Ketua Pordasi Kota Bima Bapak Feri Sofiyan SH, dapat berjalan dengan baik," harapnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh wartawan, sejumlah kalangan menyambut baik kegiatan ini karena dinilai sebagai ajangan untuk mendukung program pariwisata Daerah Kota Bima dan tentunya bisa menjadi potensi ekonomi bagi masyarakat. "Tentunya selain mengembangkan minat dan kecintaan masyarakat terhadap atraksi olahraga Pacuan Kuda, juga sebagai even untuk mendukung Pariwisata dan menjaga kelestarian Potensi Budaya," tandas warga di arena Pacuan Kuda Sambinae.(GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.