Header Ads

Seni, Dakwah, Edukasi dan Ukhuwah Bersemai Indah di Bumi La Hami



Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Indah takzimnya iklim hidup bertabur hikmah terpampang nyata di bumi La Hami Kecamatan Sanggar. Merdunya alunan music dan tetabuhan yang mengiringi gerak tangkas dan gemulai kesenian tradisional yang dipentaskan anak negeri serta keramah tamahan dan kekariban Ukhwah Islamiyah di antara hadirin demikian mesranya, dibarengi pula dengan syahdu lantunan ayat-ayat suci yang tergerak dari lisan nan fasih para Qori/Qoriah prestisius, diselingi pula dengan khusyu Sholawat yang dibahanakan oleh Sanggar Seni setempat; sungguh mencerminkan bahwa Dana Mbojo akan terus melangkah maju menuju kehidupan yang religius Islami.



Demikian gambaran momentum Pembukaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke 25 tingkat Kabupaten Bima Tahun 2018 Sabtu, 4 Agustus 2018  bertempat di Lapangan La Hami Kecamatan Sanggar yang dihadiri oleh Wakil Bupati Bima, Sekretaris Daerah Kabupaten Bima, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Bima,  Syafruddin, ST, MT  salah seorang Anggota DPR RI dari Partai Amanat Nasional, Kapolres Bima, Tokoh Masyarakat Kolonel Rifai, Irjen. Pol. (Purn) Drs. Kamil Razak, Hj. Ferra Amelia, SE, MM, Staf Ahli Bupati Bima, Asisiten 1, 2 dan 3 Sekda, para Kepala OPD, Kabag Setda serta pejabat Eselon 3, 4 dan staf masing-masing OPD, para Camat, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bima, Ketua MUI Kabupaten Bima, Ketua Tim Penggerak PKK Kab Bima serta duta-duta dari Ormas/OKP dan elemen masyarakat lainnya.

Pantauan langsung wartawan, kehadiran Bupati Bima beserta rombongan disambut dengan Tarian Kolosal Wura Bongi Monca oleh Sanggar Seni Lawang Kuning dari Desa Boro dibawah pimpinan Suhada M. Saleh, S.Pd, puisi-Sholawat Badar yang dipentaskan oleh gabungan Siswa Santri/Santriwati TPQ Induk At-Toyibah Desa Kore pimpinan Ustadz Rusli M. Nur, S.Pdi, tarian Kolosal  SDN/SLTP se-Kecamatan Sanggar serta Paduan Suara Gabungan Guru SD, SLTP, SMU dan Anggota TPP PKK Kecamatan Sanggar.

Di atas pentas kokoh bertabur gemerlap cahaya, Bupati dan wakil Bupati Bima, pada momentum pembukaan STQ ke 25 tingkat Kabupaten Bima, usai melantik Dewan Hakam dengan SK Nomor 188.45/35B/03.2/2018; yang akan bertugas memberikan penilaian atas penampilan para Qori/Qoriah dalam STQ,  Hj. Indah Dhamayanti Putri juga menyerahkan Naskah Khutbah Seragam tentang Ancaman Bahaya Kerusakan Hutan yang akan dibacakan secara serentak oleh para Khotib pada momentum Sholat Jum’at tgl 10 Agustus 2018 di seluruh Mesjid se-Kabupaten Bima. Bupati Bima menekan Sirene sedangkan Drs. Dahlan M. Noor dengan penuh semangat dan pekikan “Allahu Akbar” memukul Bedug bertalu-talu.

Sementara itu, Drs. H.M. Taufik HAK, M.Si selaku Ketua Panitia STQ (Ketua LPTQ Kab. Bima) dalam Laporannya menyatakan bahwa pelaksanaan STQ ke 25 Tingkat Kabupaten Bima yang dihelat tanggal 4 s/d 9 Agustus 2018 diikuti oleh 84 Peserta putra dan 74 Peserta Putri dari berbagai cabang lomba, menggunakan biaya bersumber dari APBD Kab. Bima, Bantuan dari Bazda Kab. Bima dan Partisipasi Masyarakat Sanggar.

Pihaknya menyampaikan ucapan terimaksih kepada Bupati/Wakil Bupati Bima, segenap anggota Muspida dan para Pejabat yang hadir dalam kesempatan pembukaan STQ ke 25 tingkat Kabupaten Bima. Menurutnya, kehadiran Bupati/Wakil Bupati Bima beserta seluruh rombongan merupakan manivestasi nyata dari adanya dukungan penuh dalam mewujudkan Visi Religius.

Secara khusus Ketua Panitia menyampaikan ucapan terimakasih kepada Syamsuddin Ismail selaku Kades Boro dan Panitia Lokal Ramli serta Camat Sanggar yang telah menunjukkan kemampuan maksimal dalam membangun kerjasama yang solid dan memupuk partisipasi aktif seluruh masyarakat mulai dari menyiapkan segala kebutuhan hingga terlaksananya pembukaan pada malam hari ini. "Adalah sebuah sejarah bagi Kecamatan Sanggar bahwa pada hari ini sanggup melaksanakan sebuah perhelatan akbar sector keagamaan untuk pertama kali sejak berdirinya Dana Mbojo dan terbukti sanggup mempersiapkan segala sesuatunya dengan sangat istimewa mulai dari tata arena maupun tingkat animo masyarakat untuk menyaksikan proses acara” ungkap Taufik dengan nada penuh semangat.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bima, Drs. H. Syahrir, M. Si  dalam sambutannya menyampaikan bahwa STQ merupakan ajang mengaktualisasikan ajaran Islam sesuai dengan Visi Religius yang diemban oleh Pemerintah Kabupaten Bima di bawah kepemimpinan Hj. Indah Dhamayanti Putri -Drs. Dahlan M. Noor.  "Secara fisik STQ mempertemukan para kafilah namun secara batiniyah merupakan media merekatkan ukhwah Islamiyah; mengislamkan masyarakat dan memasyarakatkan Islam” ungkap Kakankemenag.

Sementara itu, Bupati Bima mengungkapkan bahwa momentum STQ merupakan majelis yang mubarak dimana di dalamnya bertabur nilai-nilai Rabaniyah yang terus merekatkan pesaudaraan, persatuan dan kesatuan guna tahap demi tahap menuntaskan ragam kewajiban kita sebagai pengemban amanat suci memakmurkan bumi Allah serta menyemarakkan syiar Islam”.  Diakuinya, hasil Seleksi Tilawatil Qur’an yang secara rutin diselenggarakan setiap tahun, telah menunjukkan progres kemajuan yang berselaras dengan visi Religius, dimana prestasi generasi di bidang Tilawatil Qur’an menunjukkan grafik kemajuan dari waktu ke waktu. "Pada Tahun 2016 Kabupaten Bima berhasil mencetak 2 generasi terbaik pada golongan Hifzil Al-Quran serta Golongan 5 Juz dan Tilawah yang telah mengukir prestasi gemilang menjadi duta Provinsi NTB dalam Arena Nasional. Pada Tahun 2017 prestasi mulia tersebut meningkat sangat drastis dimana sebanyak 8 orang generasi  Kabupaten Bima kembali menjadi Duta NTB di berbagai Bidang Lomba Tingkat Nasional antara lain Cabang Tilawah, Cabang Hifzil dan Cabang Fahmil Al-Qur’an” ungkap Bupati penuh bangga sembari berharap bahwa grafik  peningkatan prestasi dimaksud, memberi dampak positif dalam serangkaian ikhtiar mendidik dan mencetak generasi Qur’ani yang beriman dan bertaqwa, memiliki keluasan cakrawala pengetahuan dan keilmuan serta kehalusan dan keluhuran budi pekerti.

Hal lain yang juga disampaikan Umi Dinda bahwa Peningkatan prestasi sebagaimana dimaksud terus dibarengi dengan kian dinamisnya pembangunan sarana ibadah berupa Masjid/Mushola yang hingga saat ini telah berjumlah 1017 unit yang didampingi oleh 2484 orang Imam dan Marbot.
TPQ sebagai tempat menyemai nilai dan penguasaan kemampuan Qur’ani kepada generasi, juga kian tumbuh dengan subur; hingga saat ini TPQ telah berjumlah sebanyak 1138 TPQ yang didampingi oleh sebanyak 1138 orang Guru Ngaji. Pondok pesantren yang secara formal dominan menyelenggarakan pendidikan religi juga tersedia secara representative, hingga kini terdata sebanyak 38 Pondok Pesantren yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Bima.
Masyarakat kian memberikan attensi serius pada dimensi mental spiritual, hal ini tercermin nyata dengan kian aktifnya berbagai Majelis Ta’lim yang hingga saat ini telah berjumlah sebanyak 191 Majelis Ta’lim

“Saya berharap akumulasi prestasi generasi, pertumbuhan sarana ibadah dan sarana pendidikan Qur’an yang juga dibarengi dengan program dan Regulasi Daerah yang mengarah pada pembudayaan peningkatan kualitas ibadah dan kemampuan ilmu Qur’ani seperti Program GPS (Gerakan Pesantren Sehari) yang telah dicanangkan berdasarkan Keputusan Bupati Bima Nomor 25 Tahun 2016 dapat terus dilaksanakan secara konsisten dan berkesinambungan sehingga bentuk penerjemahan dari visi Religius terukur secara nyata dan terus mengakar dan menjadi tuntunan dalam kehidupan segenap elemen masyarakat. Selamat berlomba, semoga dalam penyelenggaraan STQ tingkat Kabupaten Bima ini dapat meraih prestasi yang dapat mengharumkan nama Kecamatan masing-masing. Jadikan STQ ini sebagai ladang untuk menyemaikan benih-benih prestasi terbaik bagi diri sendiri, keluarga dan Kecamatan masing-masing serta sebagai pemacu semangat untuk terus meningkatkan kemampuan diri. Bismillahirrahmanirrahim, sembari memohon Rahmah dan Ridho Allah SWT, STQ ke 25 Tingkat Kabupaten Bima saya buka secara resmi” ungkap Umi Dinda mengakhiri sambutannya.

Terkait pelaksanaan Pilkades serentak yang dilaksanakan pada tahun 2018 Bupati berharap kiranya seluruh masyarakat mendukung kesuksesannya dengan berperan aktif menjaga silaturrahmi dan stabilitas pada setiap tahapan penyelenggaraan Pilkades. Pemungutan suara direncanakan pada bulan Desember 2018 serta pelantikan pada bulan Januari 2018. Sehubungan dengan semua itu diminta kepada seluruh leading berkompeten untuk mempersiapkan segala sesuatunya dan terus memberikan pembinaan dan pencerahan kepada masyarakat terkait dengan tahapan-tahapan yang mesti dilalui agar pesta demokrasi masyarakat desa sebagaimana dimaksud dapat berjalan dengan sukses dan berkualitas.

Pada momentum akbar tersebut, Bupati Bima secara khusus menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi dan ungkapan terimakasih mendalam kepada Camat Sanggar yang meskipun telah memasuki masa pensiun dan akan mengakhiri pengabdiannya sebagai ASN pada bulan November 2018 namun masih menunjukkan profesionalisme dan dedikasi yang tinggi; tanpa kenal lelah mendukung kesuksesan pelaksanaan STQ Kabupaten Bima yang ke 25. “Beliau contoh ASN yang baik; mengakhiri masa pengabdian dengan kinerja yang baik dan juga tanpa tersangkut masalah” tandas Bupati (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.