Header Ads

Satu Ton Randang dari Sumbar untuk Masyarakat Lombok

Dampak dari gempa 6,2 SR yang mengguncang Lombok siang tadi, Kamis (9/7)

Padang, Garda Asakota.-

Didorong oleh rasa empati dan kepedulian atas musibah gempa berkekuatan 7 SR yang menimpa masyarakat Prov. Nusa Tenggara Barat, Minggu (5/8) lalu, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat kembali memulai gerakan mengumpulkan randang se-Sumbar guna membantu pemenuhan kebutuhan logistik masyarakat NTB yang terdampak selama masa tanggap darurat.

Sebagaimana diungkapkan Kepala Biro Humas sekretariat Daerah Provinsi Sumbar, Kak Jasman, pengumpulan Randang untuk Lombok tahap awal ini dimulai oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar dan dilanjutkan oleh masing-masing SKPD sejak Selasa (7/8) pagi dan akan ditutup pukul 16:00 WIB petang hari yang sama. Besaran bantuan permasing-masing SKPD beragam. Ada yang 5 kg sampai 20 kg.

"Target kita satu ton. Sama seperti yang di Aceh kemarin," Ungkapnya di Kantor Gubernur Sumbar, Padang, Selasa (7/8). Kak Jasman menambahkan, hingga berita ini diturunkan, telah terkumpul lebih 400 kg randang hasil sumbangan Kepala OPD di lingkungan Pemprov Sumbar.

Jasman menjelaskan, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan mengantarkan bantuan tersebut langsung ke Prov. NTB Kamis (9/8) mendatang. Jikapun ada masyarakat ikut ingin menyumbang, silahkan saja serahkan bantuan ke BPBD Sumbar.


*Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar Ikut Serta*

Tak mau ketinggalan berbagi kebaikan, Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar pun bergerak cepat mengumpulkan donasi berupa randang siap saji. Sejak diluncurkan gerakan 1 ton randang dari Sumbar oleh Pemerintah Provinsi melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah sejak Rabu (08/08) kemaren, Kwarda 03 Sumbar, ikut berpartisipasi.

"Di Kwarda kita langsung mengumpulkan randang siap saji dari sejumlah donatur, mulai dari pimpinan Kwarda hingga Andalan Daerah (pengurus), dan kemaren itu juga langsung kita serahkan kepada BPBD Provinsi," ujar Kak Yudi Aningskar Widayanto, S.Pd, selalu Plt. Waka Kwarda Bidang Abdi Masyarakat dan Siaga Bencana (Abdimasgana).

Turut mendampingi Kak Yuli Suprayitno mewakili para Andalan Abdimasgana Kwarda 03 Sumbar, Kak Misrawati dan Kak Tarmizi mewakili para Staf Kwarda. Bantuan satu paket/kardus Randang tersebut diterima langsung petugas BPBD Sumbar di Jalan Sudirman Padang pukul 16.00 Wib.

Bantuan randang dari Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar ini akan digabungkan dengan bantuan randang yang dihimpun oleh BPBD Sumbar dengan jumlah target 1 ton Randang. Dan direncanakan pengiriman akan dimulai hari ini.

"Pengiriman Randang tersebut dimulai hari ini dan akan diantar langsung oleh Wakil Gubernur Sumbar Kak Nasrul Abit, yang merupakan Ketua Kwarda kita," ujar Kak Wahyudi Agus, Wakil Ketua Kwarda 03 Sumbar Bidang Humas dan Teknologi Informatika.

Kak Wahyudi menyebutkan, kita tidak saja bangga dengan Randang yang menjadi makanan terlezat di dunia, tapi juga bangga, Randang bisa menjadi masakan siap saji yang memiliki daya tahan yang lama dibanding masakan lainnya yang akan dikonsumsi saudara kita korban gempa di Nusa Tenggara Barat nantinya.

Sementara, hingga saat ini, Randang yang telah dikumpulkan oleh Pemerintah Provinsi melalui BPBD telah mencapai 400 Kilogram. Dan masih dibuka kesempatan bagi donatur untuk berpartisipasi. Hari ini, Kamis (9/8), Randang tersebut bakal diantar langsung Wakil Gubernur Sumbar yang juga Ketua Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat, Kak Nasrul Abit.

"Ini merupakan tahap awal dari Sumbar, kita merencanakan bakal terkumpul satu ton Randang dari Sumbar untuk korban gempa di Nusa Tenggara Barat, bagi masyarakat yang ingin menyumbang silahkan langsung ke BPBD Propinsi di Jalan Jenderal Sudirman Padang," ujar Kak Nasrul Abit.

Kak Nasrul Abit menambahkan, untuk di lingkungan Pramuka Sumatera Barat, kita akan buka posko yang sama di Kwarda untuk mengumpulkan bantuan Randang ini dari seluruh Kwartir Cabang yang ingin berdonasi dalam bentuk Randang Siap Saji.

"Tak hanya Kwartir Daerah, Kwartir Cabang, Kwartir Ranting, kita berharap, hingga Gugus Depan dan Satuan Karya di Gerakan Pramuka ikut berdonasi membantu korban gempa di Nusa Tenggara Barat pada 5 Agustus yang lalu, dalam bentuk masakan siap saji berupa Randang, yang nantinya akan dikordinir oleh Pramuka Peduli di masing masing Kwartir Cabang yang akan berkordinasi dengan Pramuka Peduli Kwartir Daerah," harap Kak Nasrul Abit.

Langkah membantu korban gempa dalam bentuk makanan siap saji 1 Ton Randang ini, juga telah dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat pada 9 Desembwr 2016 lalu. Yang dikirimkan untuk korban gempa di Pidie Provinsi Nangroe Aceh Darussalam atau NAD. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.