-->

Notification

×

Iklan

Jelang Subuh, Gempabumi Tektonik 4,9 SR Guncang Lombok dan Bali

Friday, August 3, 2018 | Friday, August 03, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2018-08-02T23:29:25Z


Mataram, Garda Asakota.-

Jumat, 03 Agustus 2018 pukul 03:07:21 WITA, wilayah Lombok diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4.9. Episenter terletak pada kordinat 8,28 LS dan 116,64 BT atau tepatnya pada jarak 27 km arah Timur Laut Lombok Timur NTB pada kedalaman 10 km.

Kepala Stasiun Geofisika Mataram
Agus Riyanto, SP.MM, menjelaskan bahwa dengan memperhatikan lokasi episenter, kedalaman hiposenter, dan mekanisme sumbernya maka gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Naik Flores (Flores Back Arc Thrust). Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Guncangan gempabumi ini dilaporkan telah dirasakan di daerah Lombok Timur II SIG (III-IV MMI), Denpasar dan Karangaseem I SIG-BMKG (I-II MMI). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami. "Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ucap Agus Riyanto dalam siaran persnya. (GA. 212*)


×
Berita Terbaru Update