Header Ads

Bupati Bima Silaturrahim dengan Elemen Masyarakat Desa Ncandi


Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

“Momentum pesta demokrasi rakyat yang termediasi melalui Pilkades serentak tahun 2018 merupakan hajatan yang menetukan arah kemajuan Desa untuk masa-masa selanjutnya. Sukseskanlah dengan senantiasa menjaga silaturrahmi dan mempertebal toleransi. Perbedaan pandangan atau pilihan adalah rahmah yang mesti diterjemahkan sebagai wasilah saling mengisi dan memaklumi; bukan melahirkan perpecahan dan rasa saling memusuhi” Demikian substansi salah satu penyampaian Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri (IDP) dalam moment silaturrahmi dengan seluruh Perangkat Desa Ncandi Kecamatan Madapangga, beberapa saat setelah menyambut Tim Penilaian Lomba Desa di Desa Mpuri.


Kunjungan silaturrahmi Bupati Bima sebagaimana dimaksud bertujuan untuk memberikan motivasi kepada pemerintah desa beserta perangkatnya dan warga masyarakat untuk berperan aktif menyukseskan Pilkades Serentak yang telah dilaunching pada tanggal 25 Juli 2018 lalu. “Saya berharap kiranya seluruh masyarakat mendukung kesuksesan Pilkades Serentak dengan berperan aktif menjaga silaturrahmi dan stabilitas pada setiap tahapan penyelenggaraan Pilkades. Pemungutan suara direncanakan pada bulan Desember 2018 serta pelantikan pada bulan Januari 2018. Sehubungan dengan semua itu diminta kepada seluruh leading berkompeten untuk mempersiapkan segala sesuatunya dan terus memberikan pembinaan dan pencerahan kepada masyarakat terkait dengan tahapan-tahapan yang mesti dilalui agar pesta demokrasi masyarakat desa sebagaimana dimaksud dapat berjalan dengan sukses dan berkualitas,” harap Bupati Bima yang diamini oleh seluruh hadirin.

Hal lain yang juga ditegaskan dalam momentum tersebut, yakni pentingnya membangun lintas koordinasi guna menjaga kondusifitas iklim hidup masyarakat hingga terus memberikan daya dukung konstruktif dalam perealisasian agenda-agenda pemerintahan dan pembangunan. Bupati Bima juga mengharapkan peran aktif seluruh elemen masyarakat untuk mengantisipasi berbagai dinamika yang mengarah pada disharmoni dan ancaman kamtibmas. "Kepala Desa serta perangkatnya harus memiliki nomor telephone Babinsa/Babinkamtibmas demi kemudahan komunikasi dan koordinasi sehingga bila terjadi sesuatu dan lain hal akan dapat dicegah dan atau ditangani serta diselesaikan dengan  segera. Terus jalin soliditas guna melindungi dan mengayomi masyarakat,” tegas Umi Dinda.

Momentum Silaturrahmi tersebut juga dimanfaatkan Kepala Desa, Sekretaris Desa, Para kepala Dusun dan Ketua-ketua RT untuk menyampaikan aspirasi kepada Bupati terkait dengan berbagai hal yang dibutuhkan yang sementara ini belum dapat dibiayai dengan APBDesa maupun kebutuhan-kebutuhan lain yang sangat dibutuhkan. Beberapa permintaan pada saat itu antara lain, pembukaan jalan ringkas/potong menuju Rade Ncandi sebagaimana yang disampaikan oleh M. Said H. Mansyur Kepala Desa Ncandi. Menurutnya, anggaran pembukaan jalan sebagaimana dimaksud telah tersedia namun masih terkendala dengan masih adanya warga yang belum bersedia memberikan lahannya sehingga dibutuhkan anggaran pembebasan lahan.

Menyikapi hal ini, Bupati Bima akan meminta Bagian Tatapem Setda untuk turun mengecek secara langsung serta mempelajari keadaan rill dan pada waktunya nanti akan dimintai laporan dan masukan guna mengatasi masalah tersebut. Yusuf A. Rahman Ketua RW 01yang juga turut didukung oleh Kepala Dusun Ncandi, meminta kepada Bupati Bima untuk memberikan sejumlah kursi plastic dan Terop kepada setiap RW yang nantinya akan digunakan dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan. Terkait hal ini, Umi Dinda meminta semua pihak untuk lebih awal menyepakati teknis pengelolaan dan pemanfaatannya. “Inha Allah dalam beberapa waktu kedepan akan untuk penyediaan kursi akan dipenuhi namun perlu kesepakatan para pihak (masyarakat/RW) terkait teknis pengelolaan dan pemanfaatannya untuk Terop akan saya pertimbangkan lebih dahulu” jawab Umi Dinda sembari tersenyum ramah.

Hal lain juga disampaikan oleh Muhtar H.M.Noor  Ketua RT 02 yang meminta kenaikan insentif. Terkait hal ini, Bupati Bima akan mencermati regulasi yang mengaturnya sehingga kebijakan yang ditempuh sesuai dengan ketentuan. Sekretaris Desa Ncandi mengawali penyampaiannya dengan melaporkan progress pembangunan Mesjid yang dilakukan secara swadaya. “Sebelum ini, Pemerintah Daerah telah memberikan bantuan sebesar RP 20Juta untuk itu kami menyampaikan ucapan terimakasih mendalam; namun untuk selanjutnya masih dibutuhkan dukungan” ungkap Sekdes Ncandi. Untuk sector penataan lingkungan agar bebas dari gangguan ternak yang berkeliaran, Sekdes Ncandi meminta dukungan dana pembuatan Kandang Terpadu yang akan digunakan sebagai tempat penampungan Kambing dan hewan lain milik masyarakat. Terkait kedua hal yang disampaikan oleh Sekdes, Bupati Bima meminta untuk berkoordinasi dengan Bagian ADM Kesra Setda untuk dukungan Dana penyelesaian Mesjid serta Dinas Peternakan untuk permasalahan pembuatan Kandang Terpadu.

Pada akhir acara Silaturrahmi, Bunyamin selaku Kadus 1 meminta Bupati Bima untuk membantu pengadaan Sound System dan Pengeras Suara untuk Mushollah. Terkait hal ini, dipenuhi pada waktu itu juga oleh Umi Dinda secara pribadi dengan menyerahkan sejumlah 3 unit Toa dan 3 unit amplifier + Mic untuk Mushollah Dusun, sejumlah unit HP Android untuk Kepala Dusun dan seluruh Ketua RT.  (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.