Header Ads

Bupati Beri Pembinaan pada Pengelola PKBM PTK PAUD se-Kabupaten Bima

Bupati Bima, Hj. Indah Dhayamanti Putri

Kabupaten Bima, Garda Asakota. -

Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri (IDP) melakukan pembinaan terhadap PKBM Pengelola Tenaga Kependidikan PAUD se-Kabupaten Bima yang dilangsungkan di Paruga NaE Woha, Rabu (1/8). Bupati menegaskan bahwa pendidikan merupakan salah satu upaya yang dilakukan dalam membangun kualitas sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki suatu Negara. Oleh karena itu, kata dia, paradigma pembangunan pendidikan Nasional yaitu pendidikan untuk semua. "Artinya pendidikan harus dapat diperoleh oleh setiap warga Negara Indonesia tanpa dibatasi usia, gender, tempat, dan waktu. Pemerintah menjamin keberpihakan kepada peserta didik dengan hambatan fisk, mental, ekonomi, sosial, dan geografis. Dengan demikian setiap orang dapat mengembangkan diri melalui pendidikan," paparnya di acara yang juga turut dihadiri oleh Wakil Bupati Bima, Drs. H. Dahlan M Noer, Sekda Kabupaten Bima, Sekretaris Dikbudpora beserta seluruh jajaran Dikbudpora Kabupaten Bima, serta seluruh Tenaga Kependidikan PAUD se-Kabupaten Bima.

Diakuinya, keberadaan tenaga kependidikan yang berada di PAUD ini sangatlah menentukan bagi keberadaan Pendidikan Anak Usia Dini, terutama untuk membangun karakter anak dalam kegiatan pembelajaran memberikan stimulasi dan kesabaran dalam mendidik anak-anak yang tergabung dalam PKBM PAUD. Begitu pula dengan eksistensi Guru-guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan yang diakuinya pula garda terdepan dalam dunia pendidikan anak sebelum masuk ke bangku sekolah. "Untuk itu, para guru PAUD pendidikan memiliki peran penting dalam mendukung dan menciptakan generasi yang berkualitas demi mewujudkan cita-cita merka kelak," tegasnya. Bupati berharap dengan adanya pembinaan ini kedepanya para guru maupun tenaga kependidikan PAUD dapat melakukan inovasi sehingga para tenaga kependidikan dapat mempersiapkan  generasi cerdas penerus masa depan bangsa.

Sementara itu Sekda Kabupaten Bima, Drs. HM.Taufik HAK, M.Si, juga berharap dengan adanya kegiatan seperti ini kedepannya para pengelola tenaga kependidikan dapat melakukan tugas dengan baik dalam rangka memberikan kependidikan terhadap anak-anak PAUD sehingga dari kependidikan yang diberikan ini kedepanya anak-anak PAUD akan diberikan bimbingan belajar dan bermain  di PAUD itu sendiri. Selain itu, kepada tenaga kependidikan juga harus melakukan pengelolaan keberadaan PAUD itu sendiri dengan penuh rasa tanggung jawab melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Hal yang sama di sampaikan oleh Sekretaris Dikbudpora Kabupaten Bima, Drs. H. Lukman, M.Si. Ia menegaskan bahwa, kegiatan yang dilakukan pihaknya ini dalam rangka memberikan pembinaan terhadap para tenaga kependidikan PAUD sehingga dari pembinaan yang diberikan ini para tenaga kependidikan PAUD dapat melakukan sebagai tenaga pengajar guna menciptakan generasi penerus bangsa.maka dari itu selama pembinaan nanti diharapkan dapat menyimak dengan baik arahan yang diberikan oleh Bupati dalam rangka peningkatan pembelajaran yang akan dilaksanakan di masing-masing PAUD.

Dengan adanya Pendidikan Anak Usia Dini ini dapat dipahami sebagai suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Sementara itu, sebagai wujud dari penghargaan yang diberikan kepada tenaga kependidikan PAUD, pada kesempatan ini Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri memberikan insentif kepada guru-guru PAUD se-Kabupaten Bima sejumlah 786 tenaga kependidikan PAUD selama 7 bulan X © 250 perbulannya. Pemberian insentif tersebut diterima secara simbolis oleh 5 (lima) orang tenaga kependidikan PAUD. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.