Header Ads

Festival Sangiang Api Digelar, Bupati Bima dan Gubernur NTB Terpilih Hadir



Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri (IDP)  membuka secara resmi kegiatan Festival Sangiang Api tahun 2018 yang digelar di pesisir pantai Desa Sangiang Kecamatan Wera, Sabtu (28/7). Selain para Pejabat Pemkab Bima kegiatan ini juga dihadiri Gubernur NTB Terpilih, DR. Julkiflimansyah, anggota DPR RI dari F- PAN, HM. Syafruddin, ST, Wakil Bupati Bima, Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Bima, Hj. Ferra Amelia, SE, Camat Wera, Toga, Toma, Tokoh Pemuda,  Ketua panitia pelaksana, dan seluruh elemen warga masyarakat.

Bupati Bima

Dihadapan ribuan warga, Bupati menegaskan bahwa kegiatan seperti ini  dapat dijadikan sebagai salah satu ajang promosi potensi budaya dan pariwisata yang dimiliki daerah. Sebagai daerah kepulauan, kata dia, potensi yang dimiliki oleh Desa Sangiang Kecamatan Wera ini sangat besar. "Kegiatan seperti ini juga sedikit tidaknya akan berdampak pada peningkatan pedapatan mereka, sekaligus dapat memperluas kesempatan berusaha dan menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat dalam mengatasi pengangguran di daerah," ujar Bupati.

Seperti kita ketahui bersama bahwa sector pariwisata merupakan salah satu penyumbang bagi Negara kita, sehingga mengandalkan beberapa daerah sebagia tujuan wisata. Majunya industri pariwisata suatu daerah sangat bergantung kepada jumlah wisatawan yang datang, karena itu harus ditunjang dengan peningkatan pemanfaatan Daerah Tujuan Wisata (DTW) sehingga industri pariwisata akan berkembang dengan baik. Selaku kepala daerah, pihaknya menyampaikan apresiasi kepada seluruh panitia pelaksana Festival Sangiang atas digelarnya kegiatan seperti ini dengan harapan kegiatan seperti ini dapat ditingkatkan lagi. "Bila perlu tiap tahunnya dapat dilaksanakan lagi, dan kami akan mendukung sepenuhnya kegiatan seperti ini apalagi desa Sangiang merupakan salah satu desa sangat terkenal dengan keberadaan gunung Api Sangiang yang merupakan salah satu destinasi wisata," harap IDP.

Di lain pihak, Kadis Pariwisata Provinsi NTB,  H. Lalu M. Faozal, S.Sos, menyampaikan bahwa dengan danya kegiatan seperti ini dapat dijadikan sebagai agenda tahunan, yang mana kegiatan seperti ini merupakan salah satu bentuk dari ajang promosi dunia pariwisata yang dimiliki oleh daerah Kabupaten Bima, sehingga nantinya sector pariwisata yang ada di wilayah Kabupaten Bima akan dikenal lebih luas bahkan sampai dengan mancanegara. Oleh karena itu, sambungnya sebagai bentuk dari ajang promosi ini, pihaknya selaku pemerintah bersma seluruh warga masyarakat agar saling bahu membahu mendukung sector pariwisata dengan melakukan promosi-promosi baik dilakukan di media cetak, TV, radio bahkan lewat internet supaya turis lokal,  mancanegara akan mengetahui sector pariwisata yang dimiliki oleh Kabupaten Bima.

Kadis Pariwisata Provinsi NTB berjanji akan memasukan kedalam even kalender provinsi terkait di bidang kepariwisataan, maka dari itu dengan dimasukan kedalam kalender provinsi ini kedepannya festival Sangiang Api akan dkenal lebih luas oleh masyarakat. Sebagai bentuk dukungan pihaknya dengan kegiatan festival Sangiang Api atas nama Pemerintah Provinsi NTB menyerahkan bantuan uang tunai sebesar Rp20 juta. Bantuan tersebut langsung diserahkan kepada panitia pelaksana Syafrulah H. Anwar, S.Pd.

Gubernur NTB Terpilih

Hal yang sama juga disampaikan oleh calon Gubernur NTB Terpilih, Dr. Zulkiflimansyah. Secara khusus dia sampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah memilihnya menjadi Gubernur NTB. Dengan terpilihnyanya sebagai Gubernur NTB, kedepannya pihaknya akan menjalankan amanah yang telah diberikan dalam rangka memajukan daerah Provinsi NTB kearah yang lebih baik lagi melalui program kerja yang akan kami lakukan kedepannya. "Terkait dengan adanya kegiatan Festival Sangiang Api yang dilaksanakan ini saya selaku gubernur terpilih akan mendukung sepenuhnya, dimana kegiatan ini merupakan salah satu sector dunia pariwisata yang perlu dikembangkan dan didukung sepenuhnya, apalagi seperti kita ketahui bersama di Kabupaten Bima memiliki banyak sekali potensi pariwisata yang harus dijadikan sebagai ajang promosi," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Syafrulah H. Anwar, S.Pd, menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini dalam rangka mempromosikan sector pariwisata yang ada di desa Sangiang Kecamatan Wera, sehingga dengan adanya  promosi ini kedepannya masyarakat maupun turis mancanegara akan datang ke pulau Sangiang dan menikmati panoramanya. Sebagai bentuk dukungan dari kegiatan ini pihaknya juga akan menggelar kegiatan Lomba Sampan Layar Tradisional.  Lomba sampan ini mengambil titik star dari pulau Sangiang kemudian finish di desa Sangiang. Lomba ini menempuh jarak sekitar 12 km yang melewati ganasnya laut Flores dengan jumlah  peserta lomba perahu layar sebanyak 80 perahu layar yang berasal dari berbagai daerah di Kabupaten Bima.

Selain itu, kata dia, akan diadakan kegiatan Expo kerajinan rakyat yang akan diikuti oleh para pengrajin industri rumah tangga yang akan menampilkan berbagai macam produk industry, kegiatan Gebyar Kuliner Kalempe Sangiang yang merupakan makanan khas desa sangiang yang tidak ditemukan di desa lainnya, Jelajah Gunug Sangiang. Kegiatan ini bertujuan  untuk memetakan potensi bencana sekaligus memetakan potensi wisata dan satwa serta keanekaragaman hayati lainnya, Pertunjukan Seni Tradisional. Para pengunjung akan dapat menyaksikan nyanyian mistik sangiang (sagele), ragam tarian daerah, teater, monolog sejarah (mpama mpemo), puisi dan music, serta kegiatan Nggalo Ruhu. Nggalo Ruhu (berburu massal) merupakan salah satu tradisi leluhur orang Sangiang yang dipelihara secara turun temurun hingga saat ini. Tradisi ini hanya dilakukan sekali dalam setahun dalam rangka menjamu petinggi. Pada saat berburu mereka dipimpin oleh panglima berburu yang sudah ditunjuk sebelumnya oleh Dalu. Direncanakan kegiatan Festival Sangiang Api ini akan dimulai tanggal 28 Juli s/d17 Agustus 2018 di pesisir pantai desa Sangiang Kecamatan Wera. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.