Header Ads

DKP Kabupaten Bima Gelar Lomba Masak dan Inovasi Serba Ikan


Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Bima ke-378 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bima mengadakan kegiatan lomba masak dan Inovasi serba ikan, lomba bakar ikan sepanjang 360 meter, parade perahu dan pemberian makanan tambahan untuk anak sekolah yang berada di SDN Palibelo dan SDN Panda dengan jumlah peserta 300 Anak, dalam rangka kegiatan forum peningkatan konsumsi ikan tahun 2018. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jum’at (6/5) di jalan baru dua jalur Desa Panda Kecamatan Palibelo.


Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, atas nama pribadi dan pemerintah daerah menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pihak pantia pelaksana dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima. Diakuinya, bahwa dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta mendukung ketahanan pangan dan gizi, perlu ditingkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein yang berkualitas tinggi. Untuk itu, kata dia, melalui kegiatan ini selain mengajak masyarakat akan pentingnya konsumsi ikan sebagai upaya peningkatan gizi masyarakat terutama sumber protein yang dimiliki oleh ikan yang begitu tinggi. "Saya berharap dengan adanya kegiatan ini, akan tercipta inovasi-inovasi baru menu berbahan baku ikan serta menciptakan kreasi makanan tambahan yang berbahan baku ikan yang menarik, mudah dalam pengelolaannya serta begizi tinggi," harapnya.

Selain itu, seperti dilansir Kabag Humas dan Protokol Setda, Hj. Sitha Arna, S.Sos, selain lomba masak dan Inovasi serba ikan, juga ada kegiatan parade perahu yang melibatkan para nelayan yang berada di wilayah Kabupaten Bima sehingga dengan adanya kedua agenda ini kedepannya dapat didukung bersama sebagai upaya mempromosikan sektor pariwisata.

Pantauan langsung wartawan, untuk lomba masak dan inovasi serba ikan ini diikuti oleh seluruh SKPD yang ada di Dinas Intansi, para camat serta para ibu-ibu yang tergabung dalam ibu-ibu TP. PKK Kabupaten Bima dan TP. PKK Kecamatan. Selain dihadiri oleh para peserta lomba, juga dihadiri oleh Wakil Bupati Bima, Kapolres Bima, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bima, para Asisten, Kabag, para Kepala SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Bima, para Investor yang berasal dari Negara Malaysia, Brunai Darusalam, China dengan jumlah Investor yang hadir 20 orang. "Kegiatan ini dalam rangka  sebagai upaya kita semua guna meningkatkan keterampilan memasak yang berbahan ikan, menyebarluaskan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat serta melakukan kampanye pemanfaatan sumberdaya ikan yang berkedaulatan dan keberlanjutan untuk kesejahteran masyarakat," ungkap Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima, Ir. Hj. Nurma.

Pada kesempatan tersebut pihaknya juga memberikan makanan tambahan untuk anak sekolah, sehingga dari pemberian makanan tambahan ini diharapkan kedepanya anak-anak akan mencintai hasil laut berupa ikan sebagai konsumsi sehari-hari guna pemenuhan kebutuhan akan makanan. "Mengkonsumsi ikan maupun olahan masakan ikan yang berbahan baku ikan yang kita lakukan ini akan dapat pemenuhan serta pemanfaatan gizi ikan bagi kesehatan dan kecerdasan," ucapnya. Bukan hanya itu, kegiatan Dinas Kelautan dan Perikanan ini, juga dibarengi dengan kegiatan parade perahu yang di gagas oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bima. Kepala Dinas Pariwisata Drs. Dahlan Muhamad, juga menyampaikan bahwa kegiatan parade perahu yang dilaksanakan dalam rangka mempromosikan sector pariwisata.  (GA. 212*)
   

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.