Header Ads

Cuaca Ekstrim, Banjir Rob Rusak Rumah Warga Kebun Ayu

Kalak BPBD NTB, Ir H Mohammad Rum, saat melakukan peninjauan terhadap warga terdampak banjir Rob di Desa Kebun Ayu Gerung Lobar, Rabu 25 Juli 2018.

Lobar, Garda Asakota.-

Perairan di sekitar wilayah Selatan Pulau Lombok akhir-akhir ini tengah bergejolak. Dampaknya, pada hari ini Rabu 25 Juli 2018, air laut yang ada di perairan tersebut menaik sekitar 30 hingga 50 cm ke rumah warga dan mengakibatkan terjadinya banjir rob yang merusak sekitar 31 rumah warga di Desa Kebun Ayu Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat (Lobar).

“Terdampak 31 rumah dan satu rumah warga teridentifikasi rusak berat,” terang Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Provinsi NTB, Ir H Muhammad Rum, kepada wartawan, Rabu 25 Juli 2018.

Meninjau langsung keadaan masyarakat di Desa Kebun Ayu ini, Kalak BPBD NTB, mengungkapkan saat sekarang jumlah pengungsi ada sekitar 31 kepala keluarga (KK) dan 114 jiwa telah diungsikan ke SD Taman Ayu. “BPBD Provinsi NTB dan BPBD Kabupaten Lobar beserta TNI, Polri dan Sat Pol PP membantu dalam evakuasi warga,” ungkapnya kepada wartawan.

Menurutnya, berdasarkan prakiraan cuaca yang diperolehnya dari BMKG, cuaca ekstrim ini akan terjadi hingga besok tanggal 26 Juli 2018. “Diimbau kepada masyarakat sekitar terutama yang Lanjut Usia dan anak-anak agar dievakuasi untuk sementara,” katanya.

Sementara yang berkaitan dengan kebutuhan logistik pengungsi akan diatasi oleh pihak BPBD Kabupaten Lobar dan Dinas Sosial Provinsi NTB. (GA. 211*).

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.