Header Ads

Bupati Lotim dan Walikota Bima Rencananya Akan Dilantik Oleh Gubernur Terpilih


Kepala Biro Pemerintahan Pemprov NTB, H Wirajaya Kusuma.

Mataram, Garda Asakota.-

Meski pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur NTB, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Timur dan Kota Bima dilangsungkan secara serentak pada tanggal 27 Juni 2018. Namun, pelantikan Kepala Daerah yang terpilih dari pelaksanaan pesta demokrasi itu akan dilangsungkan secara terpisah.

“Berdasarkan Surat Edaran Mendagri tertanggal 02 Januari 2018, pelantikan Kepala Daerah terpilih akan dilakukan secara bertahap,” ujar Kepala Biro (Karo) Pemerintahan, H Wirajaya Kusuma, kepada wartawan media ini pada Selasa 24 Juli 2018 di kantor Gubernur NTB.

Menurutnya, pelantikan Kepala Daerah hasil dari Pilkada NTB 2018 yang dilakukan secara serentak itu akan diawali dengan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Terpilih di Istana Presiden pada tanggal 17 September 2018.

“Pelantikan Gubernur dan Wagub NTB Terpilih dilakukan pada gelombang pertama tanggal 17 September 2018. Sementara khusus untuk Bupati dan Wakil Bupati Lotim dan Walikota dan Wakil Walikota Bima akan dilakukan secara bersamaan pada gelombang pertama pelantikan sekitar tanggal 20 September 2018, kalau tidak ada perubahan. Jadi Bupati Lotim dan Walikota Bima akan dilantik oleh Gubernur Terpilih 2018,” jelas Wirajaya Kusuma.

Tahapan pelantikan Kepala Daerah se-Indonesia ini, menurutnya, akan dilakukan dalam empat tahapan yakni tahapan bulan September, Desember, Maret dan Juni. “Kalau untuk Bupati Lobar, pelantikannya direncanakan masuk pada gelombang terakhir atau gelombang keempat yakni sekitar bulan Juni 2019. Sebab masa berakhirnya jabatan Bupati Lobar itu akan berakhir pada tanggal 23 April 2019,” pungkasnya. (GA. 211*).

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.