Header Ads

Selisih Tipis, LSI Tidak Berani Publish Hasil Akhir Hitung Cepat Pilgub NTB

Peneliti LSI, Khobab, saat menggelar konpers di Hotel Golden Palace, Rabu 27 Juni 2018.

Mataram, Garda Asakota.-

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) tidak berani merilis hasil akhir quick count pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTB yang dilaksanakan  pada Rabu (27/6) pagi hingga pukul 18.00 wita.

Hal tersebut dilatarbelakangi karena hasil perhitungan cepat tersebut terdapat selisih suara yang sangat tipis antara pasangan calon yang memperoleh suara terbanyak pertama dengan yang kedua.

Peneliti LSI, Khobab mengatakan bahwa karena ada  kendala tehnis  hasil  quick count untuk pilgub NTB tidak bisa  dipublis kerena selisi suaranya sangat dekat yaitu 0,  sekian persen.

"Kita baru  berani rilis jika bedanya diatas tiga persen. Kalau dibawah itu tidak bisa," ucapnya saat menggelar konferensi pers hasil quick count pilgub NTB, Rabu (27/6) sore.

Karena itu menurutnya  belum  bisa menjelaskan hasil untuk siapa yang akan duduk menjadi gubernur dan wakil gubernur NTB periode 2018-2023.

Sementara itu, Komisioner KPU NTB, Yan Marli mengatakan bahwa untuk hasil quick count bukan menjadi acuan pemenang paslon, namun pengumuman  hasil pemilihan gubermur dan wakil gubernur NTB yang dilakukan KPU sebagai penyelenggara akan melakukan Real Count.

"Kita akan melakukan real count yang dimulai secara berjenjang mulai dari tingkat TPS, tingkat PPK dan KPU,"ucapnya ketika ditemui setelah acara rapat koordinasi terkait DPD RI.

Karena itu lanjutnya pihak KPU akan berusaha mengaploud hasil C1 yang telah discan dalam kurun waktu 1x24 jam.

Sementara itu, berdasarkan hasil pantauan media ini disitus real count
https://quickcount.tempo.co/ntb
dan disitus real count
https://m.antaranews.com/info-pilkada/quick-count-pilkada-2018
memperlihatkan keunggulan Paslon Dzul-Rohmi atau Paslon bernomor urut 3 dalam kancah Pilgub NTB 2018. Dari data 100 % yang masuk yang dimuat oleh
 https://m.antaranews.com/info-pilkada/quick-count-pilkada-2018
paslon Dzul-Rohmi berhasil meraup suara sebanyak 29,36 %, disusul paslon Suhaili-Amin sebesar 29, 29 %, Pasangan TGH Ahyar Abduh-Mori Hanafi sebesar 24,59 %, dan paslon Ali-Sakti sebesar 16,77 %.

Sementara hasil Quick Qount https://quickcount.tempo.co/ntb, dengan total 100 % suara masuk, paslon Dzul-Rohmi unggul dengan 30,68 %, sementara paslon Suhaili-Amin meraih 26,73 %, disusul paslon Ahyar-Mori sebesar 25,51 %, dan terakhir Ali-Sakti dengan 17,08 %. (*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.