Header Ads

Kunjungi Korban Tambang Sekotong, Mensos RI Salurkan Sejumlah Bantuan

Mensos RI, Idrus Marham, ditemani Gubernur NTB, DR TGH M Zainul Majdi, menyerahkan sejumlah bantuan kepada ahli waris korban tambang emas Sekotong, Kamis 21 Juni 2018.

Lobar, Garda Asakota.-

Menteri Sosial (Mensos)  RI, Idrus Marham, mengunjungi warga masyarakat korban penambangan emas di Dusun Soge Desa Buwung Mas Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat untuk menyalurkan bantuan sosial dari Kemensos RI, Kamis 21 Juni 2018.

Baca Berita Terkait : 


Mensos Idrus Marham yang saat itu turut didampingi Gubernur NTB, DR TGH M Zainul Majdi, memberikan santunan sebesar Rp15 juta kepada masing-masing keluarga korban yang anggota keluarganya meninggal dalam insiden penambangan emas yang terjadi pada Selasa 19 Juni 2018.

"Santunan untuk ahli waris per korban meninggal sebesar Rp15 juta. Dan santunan untuk pengobatan bagi korban luka-luka per korban sebesar Rp2,5 juta. Dari total 7 orang korban meninggal dan 6 korban luka-luka tersebut total santunan yang diberikan pemerintah adalah sebesar Rp120 juta," beber Idrus Marham, Kamis 21 Juni 2018.

Dalam kesempatan itu, Idrus juga mengatakan bahwa tanggungjawab pemerintah dalam pelaksanaan perlindungan sosial bagi  korban bencana sosial merupakan sebuah keniscayaan.

"Maka kita semua hadir disini dalam rangka menggalang kepedulian pemerintah dan pihak terkait, serta menyampaikan  amanat Undang-Undang dan Bapak Presiden Joko Widodo yang berharap bahwa bantuan pemerintah ini dapat bermanfaat meringankan beban penderitaan baik kepada korban maupun keluarga korban bencana sosial," tegas pria yang juga merupakan Politisi Partai Golkar ini.

Secara Khusus, Mensos juga  mengucapkan turut berduka cita atas kejadian bencana yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa meninggal dunia sebanyak 7 orang dan korban luka 6 orang. "Kepada keluarga korban meninggal dunia  agar di berikan kekuatan dan keiklasan,  kepada  korban luka luka agar cepat diberikan kesembuhan. Saya berharap bahwa kejadian bencana yang terjadi di Kecamatan Sakotong  Kabupaten Lombok Barat disikapi sebagai musibah yang kita terima sebagai cobaan yang di berikan oleh Allah SWT," ujarnya dengan nada sedih.

Merespon cepat arahan Bapak Presiden, Idrus mengaku diamanatkan untuk memantau pelaksanaan program  bantuan sosial, serta memastikan rakyat yang belum tersentuh bantuan namun telah memenuhi syarat agar segera mendapat bantuan. "Setelah bantuan pemenuhan kebutuhan dasar diberikan, saya berharap keluarga korban yang ditinggalkan dapat  pelan-pelan membangun kembali kehidupan kearah yang lebih baik. Untuk mendukung hal ini, Kementerian Sosial sedang mengupayakan tindak lanjut program bantuan sosial agar dapat terintegrasi dengan program-program perlindungan sosial lainnya seperti PKH, Rastra, BPNT, KIS, KIP, KUBE maupun UEP yang tentunya akan mendukung penghidupan yang layak," harapnya. (GA. 211*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.