Header Ads

Disambut Bupati Bima, Sekda NTB Safari Ramadhan di Masjid Al-Amin Rato Bolo



Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Pemerintah Provinsi NTB dalam hal ini Sekda Provinsi NTB, Ir. H. Rosiady Husaenie Sayuti, M.Sc,P.hD, bersama jajaran pemerintah Provinsi NTB melakukan kegiatan Safari Ramadhan di wilayah Kabupaten Bima tepatnya di masjid Al-Amin Desa Rato Kecamatan Bolo, Jumat malam (1/6). Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Danrem 162 Wirabhakti Kolonel CZI Ahmad Rizal Ramdhani, SH, MH, M.Hum, Kapolres Panda Bima, Bupati dan Wakil Bupati Bima, para Asisten, Kabag, Kadis,  camat Bolo  beserta unsur Muspika kecamatan, para jamaah sholat Isya dan Taraweh.




Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, menyampaikan ucapan selamat datang kepada Danrem 162 Wirabhakti dan kepada Sekda beserta jajarannya yang telah datang ke Kabupaten Bima, khususnya di masjid Al-Amin desa Rato Bolo guna melaksanakan kegaitan Safari Ramadhan jajaran Pemprov dan Pemkab Bima. "Kedatangan pak Sekda kali ini dalam rangka memberikan pengarahan terkait dengan kegiatan pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah provinsi di wilayah kita, sekaligus mempererat tali silaturahmi antar jajaran pemerintah Kabupaten Bima dan pemerintah Provinsi NTB," ungkap Bupati Bima, seperti dilansir Kabag Humas dan Potokol Setda, Hj. Sita Arna, S.Sos.

Pada kesempatan itu, Bupati Bima menggambarkan situasi Kamtibmas di wilayahnya, khususnya di wilayah kecamatan Bolo. Menurutnya, kecamatan Bolo merupakan kecamatan yang paling aman sehingga dengan rasa aman wilayah maka kecamatan Bolo merupakan kiblat bagi kecamatan lainnya dalam rangka Kamtibmas ini. "Oleh karena itu dengan kiblat bagi keamatan lain tersebut saya mengajak kepada seluruh warga masyarakat kecamatan Bolo dan sekitarnya agar saling bahu membahu menjaga wilayah kecamatan Bolo supaya aman dan terhindar dari ancaman di luar yang sengaja ingin mengacaukan wilayah dengan mempererat koordinasi satu dengan yang lainnya," ajaknya.

Bupati juga menyebutkan bahwa  memasuki bulan ramadhan ini, dia bersama Wakil Bupati Bima melakukan kegiatan Safari keliling sekaligus memaparkan program pembangunan di Kabupaten Bima. Untuk itu melalui momentum Safari Ramadhan ini Bupati mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bima agar memanfaatkan bulan Ramadhan ini dengan ibadah.

Sementara, Sekda Provinsi NTB, Ir. H. Rosiady Husaenie Sayuti, M.Sc,P.hD dalam arahan bahwa terkait dengan pelaksanaan pembangunan selama kepemimpinan Gubernur NTB TGH. Zainul Majdi, MA, telah banyak sarana dan prasarana pembangunan yang dilakukan. Menyrutnya, pembangunan yang dilakukan ini dalam rangka peningkatan kebutuhan masyarakat sehingga dengan pembangunan tersebut kedepannya masyarakat dapat menikmati hasilnya. "Keberhasilan pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah provinsi ini dalam hal ini Gubernur NTB tidak terlepas dari dukungan moril Bupati Bima selaku kepala daerah beserta seluruh jajarannya, sehingga pembangunan yang dibangun tersebut akan terlihat nyata demi kebutuhan masyarakat Bima khususnya dan masyarkat NTB pada umumnya," ujarnya seraya menyebutkan bahwa dirinya selaku Sekda provinsi NTB memberikan atensi terhadap pemerintah Kabupaten Bima yang telah mendukung sepenuhnya pelaksanaan pembangunan yang dijalankan oleh Gubernur NTB tersebut.

Pada kesempatan ini juga, Danrem 162 Wirabhakti Kolonel CZI Ahmad Rizal Ramdhani, SH, MH, M.Hum, yang hadir bersama rombongan Pemprov NTB, secara khusus memaparkan situasi Kamtibmas di wilayah NTB ini. Selaku Danrem mengharapkan kepada seluruh masyarkat beserta stakeholder agar saling bahu membahu/sinergisitas, sehingga dengan adanya kerjasama ini kedepannya akan terwujuf NTB yang aman, damai dan terhindar dari masalah yang tidak inginkan. "Saya berpesan kepada masyarakat Kabupaten Bima dan sekitarnya agar dapat saling bekerjasama, saling asah dan asuh bersama pihak FKPD terkait dalam membangun dan mengamankan wilayah kita, karena kalau bukan kita siapa lagi," ajaknya.

Danrem mengakui bahwa keberadaan pihaknya tidak terlepas dari rakyat, dimana TNI lahir dari rakyat dan kembali mengabdi kepada rakyat. "Mari kita wujudkan suasana damai dan demokratis dengan harapan, masyarakat tetap kompak menjaga situasi Kamtibmas tetap kondusif, wabil khusus selama Pilkada berlangsung. Jangan terpengaruh isu dan kampanye hitam,” harapannya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun wartawan, pemerintah provinsi NTB dalam acara Safari Ramadhan tersebut menyerahkan bantuan dana sebesar Rp891 juta untuk program Bumi Sejuta Sapi (BSS) kepada pemerintah Kabupaten Bima penyerahan bantuan tersebut diserahkan oleh Sekda Provinsi NTB, Ir. H. Rosiady Husaenie Sayuti, M.Sc,P.hD, kepada Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri. Sekda menjelaskan bahwa, kegiatan BSS ini berorientasi pada peningkatan populasi untuk mencapai swasembada protein hewani. Peningkatan populasi ini, diakuinya untuk mengurangi ketergantungan dari impor dan sekaligus mendukung Indonesia menjadi lumbung pangan dunia. "Untuk menyukseskannya, maka kita perlu mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya lokal dan peran aktif dari semua pihak, termasuk masyarakat," ujarnya.

Ia mengungkapkan, NTB merupakan salah satu penyumbang ternak sapi lokal. Setiap tahun NTB mampu mengeluarkan ternak sekitar 15 ribu ekor untuk memenuhi kebutuhan daging sapi dalam negeri sekaligus sekaligus tuntutan capaian produksi produksi daging sapi atau kerbau semakin tinggi. Salah satu cara yang ditempuh untuk mempercepat peningkatan populasi sapi dan kerbau di Indonesia yang saat ini sekitar 13,5 juta ekor adalah dengan mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya di dalam negeri. “Keberhasilan pembangunan peternakan dan kesehatan hewan, utamanya Upsus Siwab merupakan tanggung jawab bersama. Pelaksanaan program BSS ini dalam rangka untuk mengoptimalkan peternak NTB khususnya dan Kabupaten Bima pada umumnya sanat baik sekali, sehingga cara-cara seperti ini untuk mengurangi ketergantungan terhadap impor daging sapi. "Saya berharap dengan adanya bantuan dana tersebut kedepannya para peternak sapi yang ada di wilayah Kabupaten Bima bisa mengembangkan popularitas sapi sebagai pengemban ternak, sehingga dari populasi sapi tersebut maka daging sapi bisa diambil dan dapat diperjual belikan bahkan dapat dikirim ke NTB sehingga daging sapi tersebut tidak mengalami kekurangan demi kebutuhan masyarakat, apalagi Kabupaten Bima memiliki luas lahan yang sangat baik demi populasi peternak sapi," ujarnya.

Selain bantuan dari program Bumi Sejuta Sapi, Pemprov NTB melalui Dinas Pertanian Provinsi menyerahkan bantuan berupa traktor roda 2 (dua) yang diperuntukan kepada Poktan Nggaro Wure desa Rato Kecamatan Bolo dengan ketua saudara Sahrir, Selain itu bantuan Pompa Air diberikan kepada poktan Kantu Maju desa Bolo Kecamatan Madapangga dengan ketua H. Abubakar, bantuan bibit jeruk kepada kelompok tani Mboda desa rato kecamatan Bolo yang diterima oleh saudara Anwar, bantuan bibit Nangka kepada Poktan Pajakai desa Sondosia kecamatan Bolo atas nama saudara Sahrir. Selanjutnya bantuan dari BPTP NTB berupa jagung hibrida Bima 20 uri kepada poktan Sumpi desa rato kecamatan Bolo atas nama syafruddin. Bantuan   ini secara simbolis diterima oleh Wakil Bupati Bima Dahlan M.Noer dan selanjutnya diserahkan pada masing-masing ketua kelompok tani.
Bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB untuk 8 (delapan) kelompok di Kabupaten Bima senilai Rp910 juta dan diterima secara simbolis oleh kelompok nelayan “Nanga Tela” desa Darussalam kecamatan Bolo Kabupaten Bima berupa mesin ketinting 6,5 PK.

Bantuan dari Dinas Kehutanan Provinsi kepada Poktan hutan pada BKPH Maria Donggomasa sebanyak 11 bibit berupa bibit Mangga, Nangka, Manggis, Durian dan Rambutan dengan volume 300 batang yang diperuntukan pada 8 (delapan) KTH yang ada di wilayah Kabupaten Bima, bantuan alat mesin/mesin produksi berupa mesin perajang gadung/porang 1 (unit) yang diterima oleh KTH Monggo Romo desa sari kecamatan Sape dengan ketua M. Saleh, bantuan alat mesin/mesin produksi berupa mesin perajang gadung/porang 1 (unit) yang diterima oleh KTH Jamangko Lestari desa Lanta Barat nkecamatan Lambu dengan ketua Suhada serta bantuan peningkatan kelas jenis bantuan berupa mesin perajang gadung/porang 1 paket yang diterima oleh KTH Dana Kala desa Ntori kecamatan Wawo ketua Anwar.

Disamping itu, pemerintah Kabupaten Bima juga menyerahkan bantuan untuk sarana dan prasarana masjid yang berada di kecamatan Bolo dengan total bantuan Rp205 juta yang diserahkan oleh Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, dan diterima secara simbolis oleh camat Bolo Mardiana, S. Sos. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.