Header Ads

Berniat Wisata Ke Pulau Satonda, Kapal Pengangkut 21 Orang Dihantam Gelombang di Perairan Sorisumba


Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Sebuah kapal motor nelayan (KMN) Lestari milik Junaidin Abdullah warga Desa Kore Kecamatan Sanggar Kabupaten Bima yang dinakhodai oleh Ahmad Junaidin (19 th), warga Desa Kore Kecamatan Sanggar dan mengangkut sekitar 21 orang penumpang yang hendak berwisata ke Pulau Satonda Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu pada Sabtu, 16 Juni 2018 sekitar pukul 11.00 wita dikabarkan mengalami kecelakaan di sekitar perairan Sorisumba.

"Perahu mereka terbalik diduga akibat adanya angin kencang yang datang secara tiba-tiba dari arah timur disertai dengan gulungan gelombang besar yang membalikan perahu mereka," jelas Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bima, HM Taufik Rusdi, kepada wartawan media ini.

Akibat hantaman angin kencang dan gulungan ombak besar yang mengakibatkan perahu mereka terbalik, para penumpang perahu atau kapal motor tersebut berusaha menyelamatkan diri mereka dengan peralatan yang ada diatas kapal.

"Hingga datanglah sebuah kapal dari belakang membantu para korban dan langsung menyelamatkan mereka dan membawanya  ke pantai labuan Kananga. Dalam peristiwa tersebut terdapat 7 orang korban yang dilarikan ke Puskesmas Calabai untuk mendapatkan perawatan medis," terang Taufik Rusdi.

Adapun nama-nama korban yg dilakukan perawatan medis berdasarkan data yang dihimpun BPBD Kabupaten Bima adalah sebagai berikut :

1. Kamsiah, 36 Tahun, Perempuan URT, Alamat Dsn. So Na,e Desa Kawinda Kec. Tambora, Kab. Bima (meninggal Dunia)
2. Suharni, 24 Tahun, Perempuan, URT,  Alamat Dsn.  So Na, e Desa Kawinda,  Kec. Tambora,  Kab. Bima. (UGD PKM Calabai
3.Adi Mulyadin, 30 Tahun, Petani, Alamat Dsn. So Na, e Desa Kawinda, Kec. Tambora, Kab. Bima (UGD PKM Calabai). 
4. Dimas Alhafidz, 3 Tahun, Laki2, Alamat Dsn. Kawinda, Desa Kawinda, Kec. Tambora, Kab. Bima (UGD PKM Calabai) 
5. MUMUN ANGGRIANI,  4 Tahun, Perempuan, alamat Dsn. SoNa,e Ds. Kawinda, Kec. Tambora, Kab. Bima (UGD PKM Calabai).
6. MUH. IKBAL, 1.5 Tahun, Pria, Dsn. Sonae, Ds Kawinda, Kec Tambora - Bima (UGD PKM Calabai).
7. ASMULYADI, 28 Tahun, Prempuan, Ds. Kawinda Nae, Kec Tambora - Bima (UGD PKM Calabai).

Berdasarkan hasil informasi yang dikumpulkan pihaknya, kejadian tersebut berawal dari ketidak seimbangan penumpang pada saat diatas kapal dimana penumpang tidak menghiraukan himbauan nakhoda tentang adanya angin timur kencang yang di sertai gelombang besar yang menghantam kapal tersebut. 

"Tidak ada korban yang meninggal di TKP melainkan meninggal pada saat sudah berada di Puskeamas Calabai akibat banyak meminum air laut," timpal Taufik.

Berdasarkan informasi dari Crew Kapal 2008 milik Satpol Air Resmob Dompu dan Polsek Tambora yang melakukan Patroli Laut dipastikan semua penumpang sudah dievakuasi dari laut.

Pihak kepolisian juga telah membawa nakhoda kapal KMN Lestari dan ABK ke Polsek Tambora untuk dilakukan rangkaian penyelidikan lebih lanjut atas peristiwa tersebut. (GA. 211*).

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.