Header Ads

Pemkot Bima Siapkan Dana Hibah Rp500 juta untuk Pacuan Kuda Sambinae


Kota Bima, Garda Asakota.-

Saat ini Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Kota Bima sedang melakukan penataan arena Pacuan Kuda di Kelurahan Sambinae Kecamatan Mpunda Kota Bima. Mendukung kelancaran dan suksesnya event budaya tersebut, Pemerintah Kota Bima telah menyiapkan anggaran hibah sebesar Rp500 juta.

Pemerintah Kota Bima melalui Kepala Badan Pendapatan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kota Bima, Jainudin SE, yang dikonfirmasi Garda Asakota Rabu (2/5), membenarkan adanya pos anggaran dana hibah untuk pagelaran Pacuan Kuda melalui Pordasi Kota Bima sebesar Rp500 juta dari APBD tahun 2018. Hanya saja, sebut Zainudin, anggaran tersebut baru dapat dicairkan ketika ada pengajuan dari pihak Pordasi sendiri, baru kemudian dilakukan persetujuan atau disposisi oleh kepala daerah. "Karena semua itu harus melalui proses sesuai aturan yang berlaku. Yang pasti anggaran untuk Pordasi kita sudah siapkan Rp500 juta, tinggal proses pencairannya harus melalui proses dan prosedur yang berlaku," ujarnya.

Anggaran itu pula kata Zainudin, baru dapat digunakan apabila sudah ada persetujuan dari Walikota Bima. Untuk itu pihaknya belum mengetahui apakah pihak Pordasi sudah melakukan pengajuan terkait dengan anggaran itu atau belum. Bila pihak Pordasi sudah melakukan pengajuan bahannya terkait dengan anggaran tersebut, maka kepala Daerah akan memberikan atau melakukan disposisi. "Karena yang berwenang terkait dengan segala kebijakan terutama masalah anggaran, itu adalah kepala daerah. Kalau sudah dilakukan persetujuan oleh Walikota Bima, dengan berbagai proses yang diatur, pastinya anggaran itu dapat digunakan terkait dengan even yang dilaksanakan pihak penyelenggara," jelasnya. (GA. 355*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.