Header Ads

SMKPPN Bima Jatiwangi Gelar Acara Pelepasan 102 Siswa Kelas XII


Kota Bima, Garda Asakota.-

Keluarga besar Civitas Akademika SMKPPN Bima Jatiwangi, Sabtu (21/04) menggelar acara pelepasan siswa Kelas XII yang dipusatkan di halaman sekolah setempat. Acara ini berlangsung penuh keharuan dan menguras air mata segenap hadirin karena diwarnai oleh beberapa tampilan drama melankolis oleh siswa-siswi SMKPPN Bima dalam sesi Pra Acara. "Dengan puisi kami mengenang bila mengingat petuah dan nasehat yang kau ajarkan, kami bangga menjadi muridmu, kami bangga mendapat ilmu darimu. Kebanggaan ini akan teguh dalam jiwa kami, terimakasih atas segala pengorbanan mu dalam membimbing dan membesarkan kami dan kepada adik adik kami teruslah belajar, jangan pernah menyerah". Demikian antara lain bait puisi yang dibacakan 2 orang siswa penuh makna.

       

Pantauan langsung wartawan, selain hadir seluruh  unsur Civitas Akademika SMKPPN Bima acara perpisahan ini juga turut dihadiri Kepala Bidang Pendidikan Menengah PKPLK (Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus) Dikpora Kabupaten Bima, Drs. H. Ruslan, Lurah Jatiwangi, Lurah Jatibaru, Babinsa, Babinkamtibmas,Tokoh Agama,Tokoh Masyarakat serta Para orangtua siswa. "Acara pelepasan siswa semacam ini merupakan rangkaian kegiatan yang rutin dilakukan oleh setiap sekolah setiap tahunnya," ungkap Ketua Panitia Penyelenggara Pelepasan, Hidayatullah,S .Pt.

Dijelaskannya bahwa pada pelepasan siswa tahun 2018 ini SMKPPN Bima akan melepas sebanyak 102 orang siswa dari tiga program atau jurusan yaitu Agribisnis Ternak Ruminansia (ATR) sebanyak 20 orang, Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) sebanyak 36 orang serta Program Kesehatan Ternak (PKT)sebanyak 46 orang siswa. "InsyaAllah pada  tahun pelajaran mendatang akan ada penambahan empat  program studi lagi yaitu Program Rehabilitasi dan Reklamasi Hutan, program Pengolahan Hasil Pertanian, dan kemudian Program Tanaman Perkebunan dan Program Ternak Unggas," ucapnya menambahkan.

Sementara itu, Kepala SMKPPN Bima, Drs. Abdul Jalal, menyampaikan ungkapan terimakasih kepada segenap undangan yang sempat hadir terutama sekali para wali murid yang meluangkan waktu untuk mendampingi putra-putrinya dalam perayaan pelepasan siswa SMKPPN Bima Jatiwangi tahun 2018, yang mana perayaan pelepasan siswa SMKPPN Bima Jatiwangi tahun ini dirangkaikan dengan peringatan Hari Kartini. Menurut Jalal, pasca banjir bandang 2016  lalu banyak program pembenahan yang sudah dilakukan oleh sekolahnya.

Pada tahun ini pun diakuinya ada beberapa program yang  akan di laksanakan oleh SMKPPN Bima, seiring dengan semakin tingginya kepercayaan masyarakat yang menyekolahkan putra-putrinya di sekolahnya. "Alhamdulillah, tahun ini kami diberikan kepercayaaan oleh Pusdik Kementrian Pertanian untuk melaksanakan pembangunan empat ruang kelas baru," ungkapnya. Selain itu juga, kata dia, di tahun 2018 ini Kementrian Pertanian juga memberikan kepercayaan kepada SMKPP Bima dana sebesar Rp2,9 Milyar untuk perbaikan infrastuktur jalan lingkungan sekolah yang rusak tergerus banjir sehingga kondisinya saat ini mirip sungai kering. "Tapi InsyaAllah dalam waktu dekat akan tertangani," imbuhnya.

Disampaikannya kepada seluruh warga masyarakat yang menghadiri acara tersebut, bahwa SMKPPN Bima semakin sejajar dengan sekolah sekolah lainnya dalam hal prestasi misalnya SMKPPN Bima selalu mendapat Medali di bidang olahraga khususnya vollyball, lalu di Lomba Gerak jalanpun SMKP selalu jadi langganan Juara. Begitupun di bidang seni, salah seorang siswa kami berhasil menyabet predikat sebagai Pemeran Pembantu terbaik sehingga Visi sekolah untuk menghasilkan lulusan yang terampil kreatif mandiri berjiwa wira usaha beriman dan berdaya saing sangatlah tepat adanya. "Dan yang paling membaggakan sekali adalah setiap tahun SMKPP BIMA selalu mencetak lulusan-lulusan terbaik yang selalu mendapatkan perhatian khusus dari beberapa Lembaga Lembaga Pendidikan ternama di Nusantara seperti pada tahun 2018 ini  ada 4 siswa SMKPPN Bima yang akan masuk 2 Universitas Ternama melalui jalur undangan yaitu Ade Elsa Ramdaniyati ke Universitas  Udayana untuk Program Agro Tekhnologi lalu siswa bernama Fafandri juga ke Udayana dengan program pilihannya yaitu Peternakan kemudian siswa bernama Hairullah juga ke Universitas Udayana juga jurusan Peternakan dan siswa ke Empat adalah Wulan Yulianti yang memilih untuk Ke Universitas Brawijaya Malang jurusan Peternakan sehingga prestasi yang di raih ini pun rasanya sangatlah sesuai dengan  Motto sekolah kami yaitu IKHLAS (Inovasi Kreatif, Harmonis, Leader, Aktif, Sukses)," paparnya.

Pada kesempatan tersebut juga dibacakan siswa berprestasi pada tahun pelajaran 2017/2018 semester Genap seperti  yang disampaikan oleh Wakasek Kurikulum, Ir. Mariam, untuk tiga program yaitu ATR, ATPH, dan PKT di mana untuk Program ATR (Agribisnis Ternak Ruminansia) siswa berprestasi tersebut adalah terbaik ketiga atas nama Hairullah Sampungu dengan nilai 81,50, peringkat kedua di raih oleh siswa Fafandri Tolotangga dengan Nilai 84,80 dan  peringkat pertamanya diraih oleh siswa atas nama Nurmulyani Rite Kota Bima dengan nilai 85,20. Sementara untuk Program ATPH (Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura) A peringkat ketiga di raih oleh Nuliyasa Lambitu dengan nilai 86,10, peringkat kedua di raih oleh siswa atas nama Nurfitriani Monta dengan nilai 86,40 dan untuk peringkat pertama di raih oleh siswa Arika Nurrahmi Wawo dengan nilai 86,90 sementara di program ATPH B peringkat ketiga di raih oleh M. Akbar A. Syababan Jatiwangi dengan Nilai 87,84 lalu peringkat kedua juga dari Kota Bima yaitu Oimbo atas nama Fadilah dengan Nilai 89,0 dan peringkat pertamanya di raih oleh Ade Elsa Ramdaniyati dari Londu Kabupaten Bima dengan nilai 89,50. Kemudian di Program Kesehatan Ternak  A peringkat ketiga di raih oleh siswa atas nama Nurmeliyawati Sape dengan nilai 93,88 lalu peringkat kedua diraih oleh siswa atas nama Tri Febriyani Ambalawi dengan Nilai 94,59 dan peringkat pertama di raih oleh Nursamsiah Lambu dengan Nilai 95,24, sedangkan untuk Program Kesehatan Ternak B peringkat ketiga di raih oleh Mayumi Andriyani Oimbo Kota Bima dengan nilai 88,71, peringkat kedua di raih oleh siswa bernama Wulan Yuliarti Lambu dengan nilai 89,18 dan peringkat pertamanya di raih oleh siswa atas nama Eka Nurul Arbiyah Sumi Lambu dengan Nilai 90,35. Untuk juara umum pada tiga program semester genap tahun ini diraih oleh siswa Nursamsiah dari Kecamatan Sape Kabupaten Bima. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.