Header Ads

Dinilai ‘Mati Suri’, Zul-Khair Siap Optimalkan Taman Wisata Alam Suranadi


HM Izzul Islam dan TGH Khudari Ibrahim saat berpose bersama para pendukungnya di Banjar Suranadi, Narmada Lobar, Minggu 08 April 2018.

Lobar, Garda Asakota.-

Pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Lombok Barat Periode 2018-2023, HM Izzul Islam dan TGH Khudari Ibrahim, menegaskan komitmennya untuk lebih mengoptimalkan pengelolaan Taman Wisata Alam Suranadi di Kecamatan Narmada Lobar. Menurut pasangan yang banyak diminati masyarakat Lobar ini, optimalisasi pengelolaan Taman Wisata yang memiliki nilai kesejarahan bagi masyarakat NTB tersebut harus dilakukan setelah selama ini dinilainya ‘mati suri’ atau tidak dikelola secara optimal.

Padahal, seharusnya salah satu, wisata sejarah yang didalamnya memiliki keunikan tersendiri itu bila dibandingkan obyek wisata lainnya itu akan bisa optimal, manakala pengelolaanya diserahkan pada warga setempat.

"Ini yang kita sayangkan, wisata sejarah yang ada kolam renang alami, dan hotel itu, justru kondisinya mengenaskan. Itu artinya, ada salah pengelolaan dari Pemkab Lobar," ujar Izzul saat melakukan simakrama di Banjar Suranadi, dusun Suranadi Timur, desa Suranadi, Kecamatan Narmada,  Lobar, Minggu (8/4) kemarin.

Menurutnya, potensi wisata sejarah yang didalamnya terdapat banyak komunitas umat Hindu harus mampu dilestarikan. Sebab, hal itu adalah bagian dari kekayaan Lobar untuk dapat menghargai aset-aset daerah yang telah berkontribusi bagi kelangsungan hidup masyarakat Lobar selama ini.

"Mengembalikan potensi Taman Suranadi kepada masyarakat asli adalah bagian dari kita memaknai sejarah. Disinilah, saya bersama pak Khudari akan fokus untuk melakukan pembenahannya jika kita terpilih kedepannya," tegas Izzul.

Mantan Wabup Lobar yang juga anggota DPR RI itu menegaskan, kemanfaatan Taman Suranadi akan bisa optimal, manakala masyarakat sekitar yang paham sejarah itu yang diberikan amanah untuk mengelolanya.

"Kami siap mengembalikan Taman Suranadi Lobar pada ahli warisnya. Mereka layak untuk diberikan porsi lebih dan tinggal tugas kita selaku pemerintah menfasilitasi edukasi dan memberi pendampingan dari sisi managemen pengelolaanya," kata Izzul.

Sebagai bagian dari komunitas Hindu. Izzul yang lahir dari ibu dari Puri Taman Narmada, Lobar itu menambahkan, komitmennya akan siap bekerja sepenuh hati untuk seluruh masyarakat Lobar.

"Saya siap menghibahkan diri dan waktu saya bagi warga Lobar. Ini agar kerukunan dan keharmonisan kita dapat berjalan sinergis di pemerintahan," tandas Izzul Islam.

Sementara itu, Calon Wakil Bupati Lobar TGH. Khudari Ibrahim mengaku, jika etos kerja komunitas umat hindu selama ini sangat diatensinya. Pasalnya, tanah yang tandus dan gersang di wilayah Lobar, kini sudah banyak yang hijau.

"Umat hindu itu kalau bekerja dibidang pertanian melebihi umat islam. Kerjanya sangat super, disini sesuai dengan visi kami yang fokus pada bidang agrobisnis pertanian. Jadi, jika kami terpilih, nantinya umat hindu yang kita minta jadi penggerak pertanian di Lobar," kata Khudari Ibrahim. (GA. 211*).

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.