Header Ads

Potensi Sungai Dam Rontu Patut Dilestarikan

Lurah Rabadompu Barat, M. Tasrif, SE.



Kota Bima, Garda Asakota.-

Keberadaan sungai Dam Rontu di Kelurahan Rabadompu Barat memiliki potensi yang sangat besar untuk dikelola dan difungsikan secara maksimal untuk kebutuhan masyarakat sekitar. Terutama sekali dapat dikelola sebagai obyek wisata memancing, budidaya karamba serta kegiatan lomba perahu  dan sebagainya. 

"Potensi itu harusnya dilestarikan dengan baik oleh pihak dinas terkait," ungkap Lurah Rabadompu Barat, M. Arif, SE, kepada Garda Asakota, Jumat (2/3).

Menurutnya, dengan banyaknya angka pengangguran yang berada di lingkungan sekitar, sangatlah perlu melestarikan keberadaan sungai tersebut. Karena bila sungai itu dimanfaatkan dengan baik seperti mengisi berbagai program tentunya akan dapat mengurangi angka pengangguran.  

"Di sini misalkan, warga masyarakat dapat melestarikan sungai itu dengan membudidayakan ikan Karamba atau sejenisnya. Tak hanya itu sungai itu sangat luar biasa bila dimanfaatkan dengan kegiatan positif seperti lomba renang atau lomba perahu," sebutnya seraya menambahkan bahwa jika bantaran sungai itu dimanfaatkan dengan berbagai program dan kegiatan tentu masyarakat dengan sendirinya juga akan menjaganya dan terbebas dari sampah. 

“Apalagi kalau disempanjang bantaran sungai itu ditempatkan sejumlah Bak Countener sampah, juga sejumlah Barugak seperti layaknya pantai Kolo. Itu sangat luar biasa bagi masyarakat sehingga berdampak positif pada perputaran ekonomi masyarakat," ujarnya

Diakuinya, di tahun 2017 lalu, pihaknya pernah berbicara  panjang dengan pihak Dinas Pariwisata, terkait keberadaan sungai Dam Rontu. Malah saat itu Dinas terkait menyatakan kesiapannya memberikan bantuan berupa lima unit Barugak untuk dibangun sepanjang bantaran sungai tersebut. 

“Namun hingga saat ini belum ada realisasi, padahal saat itu Walikota sudah memerintahkan bahwa bantaran sungai itu harus dijaga. Lebih-lebih bagaimana agsr sungai itu dapat memberi manfaat untuk masyarakat sekitar," cetusnya. 

Untuk itu, dia berharap kepada Dinas terkait agar dapat melirik sungai Dam Rontu, sebab potensi sungai itu sangat luas dan layak untuk dijadikan program budidaya ikan Karamba dan dijadikan aicon kegiatan positif masyarakat. (GA. 355*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.