Header Ads

Disdukcapil Kota Bima Terapkan Pola Pelayanan Keliling Pembuatan E-KTP


Kota Bima, Garda Asakota.-

Dalam rangka memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam membuat dokumen kependudukan, selain tetap melayani di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bima juga akan melaksanakan pola pelayanan keliling atau mendatangi kantor Kelurahan untuk melaksanakan kegiatan Perekaman E-KTP, terutama sekali untuk warga yang tinggal di wilayah pesisir. 

Kepala Disdukcapil Kota Bima, Hj. Mariamah, SH, menjelaskan bahwa pelayanan keliling dilakukan ini adalah untuk semakin mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat. "Apalagi warga yang menginjak usia 17 tahun setiap hari selalu ada, karenanya selain pelayanan di kantor kami juga akan melaksanakan pelayanan keliling. Kita efektifkan mobilenya, sehingga masyarakat tetap terlayani dengan baik dengan catatan bila sudah melakukan perekaman maka pengambilan KTP-nya sudah nggak bisa diwakilkan lagi karena proses pencetakan KTP tidak akan dilakukan apabila bukan warga itu sendiri yang hadir," ungkapnya kepada wartawan, Rabu (7/3).

Sebenarnya, kata dia, pelayanan keliling yang dilakukan pihaknyapun tergantung sungguh dari pihak kelurahan apakah kelurahan telah siap menghadirkan warganya di kantor kelurahan untuk perekaman atau tidak. "Kalau yah, maka Dinas selalu siap mendatangi dan melayani di kantor Kelurahan. Lagipula proses perekaman E-KTP ini menghabiskan waktu dua sampai tiga hari. Jadi kami rasa sangatlah baik bila ada kerjasama antara warga dengan pihak Kelurahan sehingga warga tidak lagi mondar mandir ke Dinas Capil," akunya.

Diakuinya pula, sejauh ini menurutnya tingkat partisipasi masyarakat Kota Bima  yang mengurus dokumen kependudukan terutama sekali E-KTP dan KK sangat tinggi. Hal ini, kata dua, terlihat dari ramainya warga yang mendatangi kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setiap harinya. "Dimana setiap hari itu sekitar 250 orang warga yang kami layani dalam pengurusan dokumen kependudukan ini bahkan warga yang akan menginjak usia 17 tahun sampai menjelang Pilpres nanti semuanya sudah terdata," pungkas Mariamah. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.