Header Ads

Digelar Diklat Pembinaan Guru TK PAUD se-Kota Bima


Kota Bima,  Garda Asakota.-

Sebanyak 120 orang peserta dari masing-masing perwakilan Guru Kelas TK PAUD se-Kota Bima mulai Senin 26 Maret hingga 31 Maret mendatang, mengikuti kegiatan Diklat Pembinaan Guru TK PAUD se-Kota Bima yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bima melalui Bidang PNFI (Pendidikan Non Formal Indonesia) di Aula SMKN 3 Kota Bima. 

"Kegiatan Diklat Pembinaan ini akan dilaksanakan selama enam hari di Aula SMKN 3  Kota Bima, dimana dalam kurun waktu tersebut akan dilaksanakan bertahap  dan secara kontinyu kepada Seluruh Pendidik TK PAUD se Kota Bima," ungkap Ketua Panitia Diklat Pembinaan Guru TK PAUD se Kota Bima, Hj. Dewi Triyani melalui Kepala Seksi PAUD, Ilham, pada Media Garda Asakota.     
 
Setiap harinya, kata dia, sekitar 40 orang peserta yang akan menerima pendalaman Materi Diklat, mulai 26-31 Maret tersebut. Pesertanya akan diberikan pemahaman dan pendalaman materi oleh 2 Pemateri yang sengaja didatangkan dari luar daerah yaitu Pemateri Dra. Rahmawati Muniningrum, M.Pd, dari P4TK (Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak Kanak) serta, Drs.Yaya Kurnia, M.Pd, dari PLB (Pendidikan Luar Biasa) Bandung.

 "Mereka ini nantinya akan memberikan beberapa Materi Diklat diantaranya Pendidikan Karakter, Pendidikan Tematik Terpadu, Pendekatan Model dan Metode. Kemudian bahan ajar analisis STPPA, bahan Ajar RPPH serta Materi Penilaian dan Pelaporan yang dikemas dalam 60 jam pelajaran," jelasnya.

Diakuinya, sasaran yang ingin dicapai dalam pelaksanaan kegiatan ini khususnya kepada Guru TK PAUD se-Kota Bima yaitu para peserta diharapkan mampu meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang tugas seorang guru secara profesional. Selain itu, kata dia, juga meningkatnya Mutu dan Kompetensinya sebagai Guru Khususnya Guru Kelas TK PAUD," katanya. 

"Inilah wujud dan upaya pemerintah Daerah untuk memberikan motivasi positif serta  pengembangan karir untuk tenaga pendidik. Dengan Diklat ini peserta juga diharapkan mampu membuat dan menyusun program pembelajaran yang tepat guna, terarah dan terukur serta terstruktur dengan baik dan benar," sambungnya.
   
Tentunya kedepan melalui Diklat ini akan semakin membuka wawasan cakrawala para peserta Diklat khususnya Guru di Bidang TK PAUD. Karena proses penerapan di lapangan tentulah sangat berbeda sekali metodenya bagaimana cara membina dan mendidik anak anak Usia Dini dengan Anak anak Usia SD. Dan pola yang pas saat ini adalah terciptanya tenaga pendidik yang ber Inovasi dan Kreatif bukan Pendidik yang selalu berpedoman pada buku-buku.

  "Jadi menurut kami, Diklat Pembinaan ini sangat bagus dan tepat sekali dilaksanakan, apalagi rencananya bahwa di tahun ini kegiatannya akan dilaksanakan sampai tiga kali setahun per Triwulan. Sedangkan yang sekarang di gelar merupakan agenda Triwulan Pertama Diklat Pembinaan Guru TK PAUD se- Kota Bima. Jadi, tidaklah berlebihan rasanya bila pemerintahan Daerah tetap memprogramkan Diklat Pembinaan ini ditahun tahun mendatang," harapnya. (GA. 003*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.