Header Ads

Kemenag Kobi Gelar Sosialisasi Penguatan Wawasan Islam Rahmatan lil 'Alamin dan Multikultural



Kota Bima, Garda Asakota.-

         Kegiatan sosialisasi Penguatan Wawasan Islam Rahmatan lil 'Alamin dan Multikultural bagi siswa SMA/SMK tingkat Kantor Kementerian Agama Kota Bima tahun 2018 dilaksanakan di Hotel Permata Kota Bima, Sabtu (17/02/18) secara resmi dibuka oleh Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Bima, Drs. H. Munir. Menyrutnya, kegiatan Sosialisasi ini dilaksanakan dengan latar belakang Peraturan Pemerintah RI No.55 Tahun 2007 Tentang Agama dan Pendidikan Keagamaan dan Peraturan Menteri Agama RI No.16 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Pendidikan Agama termasuk Pendidikan Islam baik melalui kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler.

        ‎Selain itu juga lanjutnya yang melatarbelakangi adanya kegiatan ini adalah sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Islam No.Dj.I/12A Tahun 2009 tentang penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam pada sekolah. Salah satunya adalah mencantumkan kegiatan sosialisasi wawasan Islam Rahmatan lil 'Alamin dan Multikultural bagi siswa SMA/SMK sebagai salah satu kegiatan yang bisa diunggulkan dalam upaya meningkatkan mutu pelajar di bidang Pendidikan Agama Islam.

         ‎Oleh Karena dasar itulah sambung H. Munir, Dirjen Pendidikan Agama Islam  Kementrian Agama RI sebagai institusi yang bertanggungjawab terhadap penyelenggraan Pendidikan Agama Islam di sekolah memandang perlu untuk menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Wawasan Islam Rahmatan Lil Alamin dan Multikultural bagi Siswa SMA/SMK tingkat Kota Bima tahun 2018 sebagai Sarana aktualisasi diri bagi siswa sebagai peserta didik dalam Pendalaman, Penghayatan, dan Pengamalan Nilai Nilai ajaran Islam dan Multikultural.

        ‎Di tempat yang sama Sekertaris Panitia Kegiatan Sosialisasi, M. Fadil, SE, menambahkan bahwa kegiatan Sosialisasi Wawasan Islam Rahamatan lil 'Alamin bagi Siswa SMA/SMK tingkat kantor Kementrian Agama Kota Bima Tahun 2018 ini diikuti oleh 21 sekolah khusus untuk siswa Kelas X dan kelas XI dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang di mana untuk tiap Sekolah Negeri hanya 2 orang Siswa terbaiknya sebagai peserta sementara hanya 1 orang siswa terbaiknya untuk sekolah swasta.  "Adapun rencananya, kegiatan ini akan di laksanakan full day untuk hari ini saja," ungkap Fadil.

        Dia menambahkan bahwa pihaknya selaku panitia kegiatan telah menyiapkan empat orang pemateri yaitu Kepala Kemenag Kota Bima, H. Munir dengan judul Materi Kebijakan Kementerian Agama dalam Membina Generasi Muda, kemudian
Kasat Resnarkoba, AKP. H. Jusnaidin  dengan materi Bahaya Narkoba, Dandim 1806 Letkol. Inf. Bambang, KEP, dengan materi Wawasan dan Cinta NKRI serta Ketua FKUB Kota Bima, H. Eka Iskhandar, Z.M.Si, dengan judul materi Peranan Pemuda Bagi Kerukunan Umat Beragama. (GA. 003*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.