Header Ads

Dinas Perpustakaan Kabupaten Buka Layanan Ekstra Sabtu-Minggu

Basyirun, S.Pd, M.Pd

Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Bukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima kalau tidak berinovasi. "Inovasi tanpa batas," demikian kata Kabid Perpustakaan, Basyirun, S.Pd M.Pd. buktinya setelahah awal tahun lalu membuat inovasi layanan "delivery order" atau pesan antar buku melalui program Hallo Perpustakaan yang telah dilaunching oleh Bupati Bima, kembali di awal tahun 2018. Dinas yg dipimpin oleh H. Mawardi  ST, MT, ini membuat lagi terobosan baru yaitu Layanan Ekstra Sabtu-Minggu yang mulai beroperasi pada tanggal 10 Februari 2018 mulai pukul 08.00 - 12.00 wita.

Layanan ekstra ini, kata dia, bertujuan untuk meningkatkan pelayanan literasi kepada masyarakat terutama bagi yang tidak sempat berkunjung ke perpustakaan pada hari hari kerja. Disamping itu layanan ini bertujuan utk meningkatkan jumlah pengunjung perpustakaan. Tahun lalu mencapai 3200 orang. Tahun 2018 ditargetkan naik menjadi 5500 orang. "Mengapa Sabtu-Minggu? Bagi pegawai atau karyawan, Sabtu-Minggu adalah hari libur atau weekend. Mungkin mereka bosan menghabiskan weekend di pantai atau di gunung terus. Perpustakaan bisa jadi tempat rekreasi alternatif yang cerdas dan nyaman untuk keluarga. Hal ini sesuai dengan amanat undang undang perpustakaan bahwa Perpustakaan berfungsi sebagai pusat pendidikan, penelitian dan rekreasi. Pada hari sabtu minggu juga dimanfaatkan oleh siswa dan guru untuk pengayaan dan mengerjakan tugas sekolah," ungkapnya kepada wartawan.

Untuk mendukung layanan ekstra ini, menurut Kabid Perpustakaan pihaknya telah menyiapkan fasilitas berupa wifi gratis yang kencang, laptop dan komputer untuk pengunjung. Laptop dan komputer untuk pengunjung yang digunakan untuk mengerjakan tugas dan main internet. "Bagi yang hobi bahasa inggris kami juga layanan english corner atau pojok bahasa inggris.supaya layanan sabtu minggu ini diketahui oleh masyarakat luas kami sudah membuat pamflet dan saya sudah perintahkan staf untuk menempelkannya di kampus kampus, sekolah, bank,  kantor bupati, dan instansi pemerintah," ucapnya.

Dia berharap masyarakat bisa memanfaatkan hari libur dengan berkunjung dan bermain di perpustakaan, bila perlu datang bersama keluarga. Kami juga sudah menyiapkan hadiah berupa "perpuspoin" yang bisa ditukarkan dgn hadiah hiburan. "Kami juga menyiapkan tempat foto groupy dan memberikan hadiah bagi foto grup terbaik. So tungggu apalagi, ayo ke perpustakaan daerah Kabupaten Bima," ajaknya. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.