Header Ads

Upacara Puncak HAB ke-72 tingkat Kota Bima Berlangsung Lancar dan Hikmat

Drs. H.A. Munir saat membacakan sambutan Menag/Foto, Kemenag Kobi.

Kota Bima, Garda Asakota.-

         Keluarga besar Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bima,  Rabu pagi (3/1) menggelar upacara Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-72 Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun 2018. Upacara yang digelar di Lapangan MAN-2 Kota Bima Jalan Wolter Monginsidi No. 2 Kota Bima, Rabu (03/01/2018), berlangsung hikmat dan lancar. Selain dihadiri segenap pejabat dan ASN Kementerian Agama Kota Bima juga hadir ribuan siswa/i madrasah se-Kota Bima. 

Foto: Suasana pengibaran bendera saat upacara peringatan HAB

             Pada kesempatan itu, Kepala Kantor Kemenag Kota Bima, Drs. H.A. Munir membacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin, pada Upacara Peringatan HAB ke-72 Kemenag RI di lapangan upacara. Dalam sambutannya, Menag meminta ASN Kemenag bekerja untuk melayani rakyat dengan menggunakan sarana dan anggaran yang merupakan hak rakyat. ASN Kemenag tidak hanya sekedar menyerap anggaran secara maksimal setiap tahun. Penyerapan anggaran harus diselaraskan dengan kepentingan dan kebutuhan  masyarakat sehingga manfaatnya terasa optimal. Di sisi lain, Kemenag juga harus giat berinovasi agar lembaga Kemenag terasa kekinian, jangan sampai dianggap seperti mesin tua yang usang. Karenanya, Menag berharap tahun ini semua layanan di pusat dan daerah sudah dilakukan secara digital dan terintegrasi dalam Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) sebagai implementasi e-Government.

            Mengiringi usianya yang ke-72, Kemenag sukses menorehkan sejumlah prestasi. Di bidang tata kelola, mendapatkan opini hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan kenaikan indeks penilaian reformasi birokrasi. Di bidang pelayanan haji, indeks kepuasan jama’ah haji terus meningkat. Indeks kerukunan beragama berada dalam angka positif. Begitu pula dengan pelayanan nikah di Kantor Urusan Agama (KUA). Juga kenaikan pada standar mutu pendidikan agama dan keagamaan di tingkat dasar, menengah maupun perguruan tinggi. Selain itu, Kemenag dinilai sebagai penyumbang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) terbesar, pelapor Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) terbanyak serta beberapa penghargaan lainnya dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal ini menunjukkan bahwa Kemenag telah mampu bertransformasi melalui sistem yang baik.

           Namun, hal ini harus segera diimbangi dengan perubahan mental, cara berpikir, dan budaya kerja yang baik. Lima Nilai Budaya Kerja, yakni: Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan, tak boleh sekadar jadi slogan, tapi harus terus terinternalisasi dalam setiap pelaksanaan tugas di masing-masing satuan kerja. Prinsip Bersih dan Melayani harus senantiasa dijunjung tinggi.  “Pada masa kekinian, tugas ASN semakin berat tantangannya karena kita menghadapi zaman yang cepat berubah. Kita berada dalam lingkup masyarakat lebih luas yang meliputi warga global hingga generasi digital. Tuntutan publik terhadap kita semakin tinggi, terbuka, dan spontan. Diperlukan sikap yang tepat dan cerdas dalam merespons tuntutan masyarakat terhadap Kemenag”, tegas Menag.     

           Menag berpesan dan mengajak kepada seluruh jajaran Kemenag untuk memaknai bekerja sebagai ibadah. Bekerja melayani masyarakat adalah sebuah kehormatan. Mari menjalankan pengabdian dengan sikap amanah dan keikhlasan dan jangan sekali-kali mempermainkan jabatan. HAB ke-72 Kemenag Tahun 2018 mengambil tema “ Tebarkan Kedamaian”. Tema ini dipilih karena pada hakikatnya agama berfungsi menyemai kebaikan dan menebar kedamaian. Kedamaian adalah pesan universal semua agama kepada umat manusia. Kedamaian akan membawa kebahagiaan. Kedamaian adalah jalan kesejahteraan. Kedamaian merupakan pintu maslahat bersama. Oleh karena itu, ASN Kemenag dan semua komponen umat beragama agar bersama-sama menjadi Duta Penebar Kedamaian.

Foto: Drs. H.A. Munir saat menyerahkan hadiah



Foto: H. Furqan Ar Roka, Ketua panitia HAB ke-72 Kota Bima saat menyerahkan hadiah

              Dengan pelaksanaan upacara, seluruh rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan HAB ke-72 Kemenag tingkat Kota Bima berakhir. Usai pelaksanaan upacara, panitia HAB ke-72 Kemenag tingkat Kota Bima melakukan penyerahan hadiah bagi seluruh peserta juara terbaik, baik bidang akademik maupun bidang olahraga. Peserta juara terbaik bidang akademik memperoleh hadiah piagam penghargaan dan uang tunai. Sementara peserta juara terbaik bidang olahraga, panitia menyediakan hadiah berupa bingkisan menarik. (GA. 003*)   


No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.