Header Ads

Lima Program Unggulan Baznas Kabupaten Bima Gencar Dilaksanakan

H. Abubakar H. Usman bersama H. Tajuddin.

Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

          Baznas Kabupaten Bima saat ini gencar melaksanakan lima program unggulan yaitu Baznas Peduli, Baznas Sehat, Baznas Pintar, Baznas Makmur dan Baznas Taqwa, dengan memanfaatkan dan mengoptimalkan capaian dana Zakat yang ada di kantor Baznas. Demikian dijelaskan Ketua Baznas Kabupaten Bima, H. Abubakar H. Usman, kepada Garda Asakota, Kamis pagi (25/01).
 
        Adapun sentuhan yang dilakukan Baznas dalam program Baznas Peduli adalah menyerahkan bantuan langsung kepada warga yang tertimpa musibah bencana alam seperti banjir dan kebakaran serta angin puting beliung yang tersebar di 16 kecamatan. Sesuai hasil pendataan pihaknya,  untuk korban kebakaran sejumlah 67 unit rumah dengan total santunan dana yang diserahakan sebesar Rp67 juta. Sementara dalam program Baznas Sehat pihak Baznas telah menyerahkan secara langsung santunan untuk pasien rawat inap yang tersebar di berbagai Rumah Sakit dan Puskesmas di tiap kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Bima di antaranya adalah pasien rawat inap di BLUD Bima, RSU Muhammadiyah dengan besaran santunan masing-masing Rp200 ribu untuk 160 orang pasien dengan total dana Rp32 juta. "Untuk program Baznas Pintar telah di serahkan Donasi sebesar Rp62,8 juta untuk khataman para santri dan santriwati sebanyak 628 orang yang telah dilaksanakan di halaman kantor Bupati Bima," ungkapnya yang saat itu didampingi Wakil Ketua Satu Baznas Kobi,  H.Tajuddin.

     Selanjutnya lanjut H. Abubakar, untuk program Baznas Makmur pihaknya telah menyerahkan bantuan dana untuk bakulan yang bersifat ekonomi produktif di seluruh wilayaha kecamatan yang ada. Dimana dana tersebut, kata dia, diserahkan langsung kepada kelompok yang telah dibentuk oleh Baznas kemudian ada juga bedah rumah yang bekerjasama dengan Baznas Propinsi yang dipusatkan di dua kecamatan yaitu kecamatan Monta dan kecamatan Lambu. "Untuk kecamatan Lambu sebanyak 12 unit rumah dan 24 unit jamban, sedangkan untuk kecamatan Monta adalah sebanyak 13 unit rumah dan 26 unit jamban," sebutnya.

       Sementara itu, program unggulan ini sambung Wakil Ketua, H. Tajuddin, telah dituangkan  dalam RKAT (Rencana Kerja Anggaran Tahunan) sebagai pedoman Baznas Kabupaten Bima dalam rangka merealisasikan program program tersebut dan sesuai dengan UU. No. 23 tahun 2011 bahwa Baznas itu semakin mendapatkan perhatian dari pemerintah karena memang cakupan wawasan Baznas begitu Luas. "Untuk itu kami berharap harus ada regulasi yang kuat di tataran pemerintah daerah yang mengaturnya, tentunya dengan Perda dan Perbupnya," ucapnya menambahkan. (GA. 003*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.