Header Ads

Bupati Bima Buka Seminar Sejarah




Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

          Seminar Sejarah bertajuk Jejak Sang Bima dan Majapahit, Bazar Kuliner, dan Pameran Benda Pusaka dan Naskah dibuka secara resmi oleh Bupati Bima, Hj.Indah Dhamayanti Putri, Kamis 25 Januari 2018 di pelataran Museum Asi Mbojo. Pada kesempatan tersebut Bupati Bima menyambut positif atas terselenggaranya seminar dalam rangka menggali sejara dan budaya Mbojo. "Naskah adalah rekaman masa silam untuk generasi kini dan akan datang,' kata Dinda seperti dilansir Kabag Humaspro Kasubag Informasi dan Pemberitaan, Ruslan, S.Sos.


           Menurutnya, sebaran situs arkeologi dan naskah yang masih tersimpan rapi di museum Samparaja merupakan bukti bahwa Bima di masa lalu bahwa Bima memiliki hubungan politik.sosial dan budaya dengan kerajaan kerajaan di nusantara termasuk Kerajaan Majapahit. Dinda berharap melalui seminar tersebut akan dapat diketahui sosok Sang Bima yang mengilhami nama daerah ini.

             Seminar tersebut dirangkaikan dengan bazar Kuliner. pameran naskah dan benda benda pusaka kesultanan Bima dilaksanakan dari tanggal 25 hingga 26 Januari 2018 kerja sama yayasan Samparaja dengan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia.Didukung oleh pemerintah kabupaten Bima dan kota Bima.STKIP Bima.Dewan kesenian Kota Bima dan Majelis Kebudayaan Mbojo. Para narasumber adalah Prof. Dr. Agus Aris Munandar, Prof. Dr. Titik Pudjiastuti. Thommy Christomy.P.h.D dari Universitas Indonesia. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.