Header Ads

Banjir di Monta, Bupati Instruksikan OPD Terkait Turun Tangan



Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Menyusul terjadinya banjir yang melanda 2 desa di Kecamatan Monta yaitu Desa Sie dan  Desa Tangga, Bupati segera menginstruksikan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bima Drs. H.M. Taufik Rusdy M.Ap, dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bima Salahuddin, SH serta Satpol PP untuk segera melakukan penanganan bencana di kecamatan tersebut. "Menanggapi instruksi tersebut, BPBD langsung menerjunkan tim untuk menangani dampak banjir di kedua desa dan melakukan langkah-langkah tanggap bencana di kecamatan tersebut," ungkap Plt. Kabag Humas dan Protokol
Kasubag Protokol dan Perjalanan, Suryadin.

Menurutnya, penanganan ini dimaksudkan agar kehidupan masyarakat dapat kembali normal dan mengetahui dengan segera dampak  yang ditimbulkan pasca terjadinya banjir. “Nanti, Tim Reaksi Cepat  Penanggulangan Bencana (TRC-PB)  BPBD akan melakukan penghitungan kerugian yang diakibatkan oleh banjir di wilayah tersebut dan dilaporkan kepada Bupati," ungkapnya.

Sesuai laporan Koordinator Lapangan yang juga Kasubid Penanganan Darurat BPBD, Bambang yang memimpin  Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana, ada 15 orang tim diturunkan di Desa Tangga, dan wilayah terdampak paling parah yaitu 50 KK di RT 02, 60 KK di RT 03 dan 50 Kk di RT. 05. "Begitu tiba di lokasi, tim langsung membantu warga membersihkan sampah dan mempersiapkan droping logistik," imbuhnya.

Sementara infrastruktur  pendidikan yang terdampak banjir yaitu SMP 1 Monta dan SDN Tangga 1, rata-rata rumah digenangi lumpur setinggi 10 cm dan warga kesulitan untuk memasak. Saat ini warga terdampak banjir menunggu dropping logistik dan konsumsi. "Penyebab banjir yang paling parah adalah karena adanya penanaman bawang yang terjadi di areal pegunungan," ungkap Kabag Humaspro. (GA. 212*)


No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.