Header Ads

Ratusan Pohon Bonsai Dipamerkan dan Dilombakan di Taman Sangkareang

Ketua Panitia Pameran dan Lomba Bonsai 2017, Gede Renjana.


Mataram, Garda Asakota.-
            Ratusan tanaman bonsai dari berbagai jenis tanaman menghiasi Lapangan Sangkareang Kota Mataram mulai dari Selasa 19 Desember 2017 hingga tanggal 23 Desember 2017. Ratusan tanaman bonsai tersebut dijejer dengan apiknya oleh Panitia Pameran Nasional Bonsai Tahun 2017. Menurut Ketua Panitia Pelaksana, Gede Renjana, ratusan tanaman bonsai yang menghiasi Lapangan Sangkareang berasal dari komunitas pecinta tanaman bonsai yang berasal dari seluruh Indonesia dan yang melebur kedalam Perkumpulan Penggemar Bonsai Seluruh Indonesia (PBSI) dengan total jumlah tanaman bonsai yang dipamerkan dan dilombakan itu yakni sebanyak 205 pohon bonsai.
        “Pecinta tanaman bonsai di NTB juga cukup besar. Dari berbagai macam jenis pohon yang bisa dijadikan tanaman bonsai, masyarakat NTB justru malah memiliki jenis tanaman bonsai yang khas yakni syssigium yang menjadi icon tanaman bonsai di NTB,” ungkap Gede Renjana kepada wartawan media ini Selasa 19 Desember di Taman Sangkareang Kota Mataram, NTB.
      Peserta pameran bonsai yang digelar oleh PBSI ini juga memperlihatkan respon yang begitu tinggi, terbukti peserta yang berasal dari Jawa, Bali, Lombok dan Sumbawa, sangat antusias mengikuti pameran dan lomba bonsai ini dengan banyaknya tanaman bonsai yang dikirim oleh para peserta dengan kualitas tanaman bonsai yang cukup memadai, "Bahkan kualitas tanaman bonsai sudah masuk kualitas dunia,” cetus Renjana.


      Tidak hanya dipamerkan, ratusan tanaman bonsai itu juga dilombakan mulai dengan klasifikasi kelas prospek, kelas regional, kelas madya, dan kelas utama. “Sementara untuk kelas tertinggi yakni kelas bintang belum bisa kita lombakan saat sekarang karena pohon kita belum memadai untuk masuk ke kelas bintang,” ujarnya.

      Dari empat kelas yang dilombakan tersebut, Renjana mengatakan panitia akan memilih 10 bonsai terbaik dari masing-masing kelas. Dan dari 10 terbaik itu menurutnya akan dipilih lagi bonsai yang terbaik dikelasnya dan akan dipilih yang paling baik untuk mendapatkan hadiah Gubernur NTB. “Kegiatan ini sekaligus juga dalam rangka memeriahkan HUT NTB ke-59,” tandasnya. (GA. Imam*).

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.