-->

Notification

×

Iklan

Presiden Minta Belanja Daerah Difokuskan Pada Program Inti

Wednesday, December 6, 2017 | Wednesday, December 06, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2017-12-06T12:56:33Z

Jakarta, Garda Asakota.-

       Presiden Joko Widodo meminta kepada seluruh jajaran pemerintahan, pusat dan daerah terus menyederhanakan prosedur segala urusan birokrasi pemerintahan dengan melakukan sinkronisasi kegiatan antar sektor dan bidang, termasuk antara pusat dan daerah.
      Menurut Karo Humas dan Protokol Setda Provinsi NTB, H Irnadi Kusuma, S. STP., ME., Presiden memberi arahan agar belanja untuk layanan publik mendapatkan porsi yang lebih besar, dan belanja difokuskan pada kegiatan inti bukan kegiatan pendukung.
   Menurutnya, Penegasan tersebut disampaikan Presiden saat memberikan pengarahan pada acara  Penyerahan DIPA 2018 kepada para Pengguna Anggaran yang dihadiri Para Gubernur seluruh Indonesia di Istana Bogor, Rabu (6/12-2017). 
    Pada acara tersebut, lanjutnya, Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi hadir langsung menerima DIPA Tahun 2018 untuk Provinsi NTB yang diserahkan langsung oleh Presiden RI, Bapak Ir. H.Joko Widodo. 
    "Adapun total DIPA untuk Pemda Provinsi NTB dan 10 Kabupaten/ Kota se- NTB tahun 2018 sebesar Rp. 15, 357 triliun lebih, terdiri dari Dana desa sebesar Rp. 903,185 miliar lebih miliar lebih, DAU sebesar Rp.8,564 triliun lebih DAK Fisik sebesar Rp.1,911 triliun lebih, DAK Non fisik Rp.2,460 triliun lebih, Dana bagi hasil SDA Rp.509,240 Miliar lebih dan Dana Bagi Hasil Pajak Rp. 305, 250 miliar," terangnya.
     Dalam arahannya, lanjutnya, Presiden  mengingatkan pemda agar menetapkan Perda APBD  tepat waktu sehingga pelaksanaan kegiatan sudah dapat mulai dari awal tahun. Hal yang paling ditekankan Presiden dalam penggunaan belanja agar dilakukan efisiensi belanja operasional. Seperti belanja rapat, perjalanan dinas, dan lain-lain. 
      Selain itu, dalam hal penggunaan Dana desa, Presiden mengharapkan agar dilaksanakan secara swa kelola dengan skim padat karya/cash for work. Gubernur dan Bupati/Walikota dimintanya agar memberikan pengarahan.
     Mengingat Tahun 2018 adalah tahun yang penuh dengan pelaksanaan agenda strategis, seperti; Asian Games, Pilkada dan Persiapan Pemilu 2019, maka Presiden mengajak seluruh jajaran pemerintahan dan segenap masyarakat untuk tetap fokus bekerja, melibatkan partisipasi swasta dan semua pihak dengan menciptakan iklim investasi yang kondusif. 
    Demikian pula lompatan perbaikan Indeks Kemudahan Berusaha agar dipertahankan sehingga ekonomi tetap tumbuh secara berkualitas, harap Presiden Joko Widodo. (GA. Imam*)
×
Berita Terbaru Update