Header Ads

Desember ini Seleksi Umum Guru Honda SMA/SMK Akan Dilaksanakan Paska Mutasi Guru dan Kasek




Mataram, Garda Asakota.-
            Dalam bulan Desember 2017  ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB akan menggelar seleksi umum penerimaan guru honorer SMA/SMK guna menggantikan guru honorer yang telah diangkat oleh Kepala Daerah Kabupaten/Kota. Proses penerimaan para guru honorer ini direncanakan akan diumumkan sesuai kebutuhan di masing-masing sekolah agar para peserta test nanti bisa mendaftar sesuai dengan wilayah sekolah yang diinginkannya dan dekat dengan wilayah tempat tinggalnya.
            “Hal ini dilakukan agar ketika seleksi selesai dilakukan dan peserta dinyatakan lulus, begitu penempatan dilakukan karena dia ditempatkan di tempat yang jauh dari tempat tinggalnya kemudian dia mengundurkan diri, akhirnya kita harus melakukan seleksi ulang. Oleh karenanya, didalam pengumuman nanti akan dimunculkan nama-nama sekolah berikut formasi dan wilayahnya agar peserta seleksi dapat menyesuaikan sekolah mana yang dekat dengan wilayah tempat tinggalnya,” jelas Kadis Dikbud Provinsi NTB, H Muhammad Suruji, kepada sejumlah wartawan Jum’at 16 Desember 2017.
    Pihaknya mengaku Dinas yang dipimpinnya sudah rampung mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaan seleksi tersebut. “Tinggal pelaksanaan tahapannya saja yang akan dimulai dengan rencana melakukan mutasi para Kepala Sekolah dan mutasi redistribusi para guru. Setelah mutasi para Kasek dan Guru dilakukan baru nanti akan kita umumkan seleksi tenaga Honda tersebut,” ungkapnya.
         Menurutnya, alasan dilakukan mutasi para guru dan kasek tersebut terlebih dahulu sebelum dilaksanakan seleksi umum guru honda ini untuk mengetahui seberapa besar tingkat kekurangan guru yang ada disekolah masing-masing wilayah. “Kenapa?, kan ada guru yang akan dipromosikan menjadi Kasek, otomatis ketika guru dipromosikan menjadi Kasek, maka guru tersebut akan berkurang,” ujarnya.
            Kapan rencana pelaksanaan seleksi umum guru Honda ini? apakah akan dilakukan pada bulan Desember 2017 ini. “Harus kita usahakan di bulan Desember ini,” timpalnya.

           Rencananya pihak Dinas Dikbud akan melakukan seleksi umum guru honda SMA/SMK/SLB ini sebanyak 5.200 orang termasuk pegawai tata usaha dengan total alokasi anggaran sebesar Rp60 Milyar dari usulan anggaran sebesar Rp125 Milyar. Kekurangan anggaran ini rencananya akan ditambah pada anggaran perubahan tahun depan. (GA. Imam*).

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.