Header Ads

Bupati Bima Serahkan Bantuan Hibah Mesin, Peralatan dan Bahan Bagi IKM


Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

        Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, menyerahkan bantuan hibah mesin, peralatan dan bahan bagi Industri kecil dan menengah yang berada di Kabupaten Bima dengan menggunakan alokasi anggaran tahun 2017. Penyerahan tersebut dilangsungkan di halaman kantor Disperindag Kabupaten Bima, Senin (11/12). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Bima dari Fraksi Golkar, Ir. H. Suryadin, para kepala OPD lingkup Pemkab Bima, dan para IKM penerima bantuan. "Penyerahan bantuan hibah yang diserahkan hari ini merupakan bentuk perhatian kami selaku kepala daerah terhadap Industri Kecil Menengah yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Bima agar IKM dapat terus berkembang dan meningkatkan produktifitasnya  sehingga dapat terus memberikan andil dalam menghasilkan produk-produk industri kecil dan menengah," ungkap Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri.

        Diakuinya, banyak potensi yang perlu digerakkan dan dikembangkan oleh IKM di berbagai bidang dan sector seperti di bidang pertanian, perikanan dan kelautan, perkebunan dan sector-sektor-sektor lainnya. Oleh karena itu, kata dia,  melalui penyerahan bantuan hibah ini, akan semakin meningkatkan produktifitas Kelompok-kelompok industry kecil menengah sehingga dapat terus berkiprah dalam memajukan perekonomian di Dana Mbojo tercinta. Diapun berharap agar IKM dapat memanfaatkan peralatan-peralatan usaha ini untuk pengembangan industri dan usaha karena tidak sedikit bantuan-bantuan seperti ini dipindah tangankan, dijual atau tidak dimanfaatkan untuk  kepentingan usaha.

         Sementara itu,  Kadisperindag Kabupaten Bima Drs. H. Arifuddin HMY, dalam pengantarnya menyebutkan bahwa bantuan ini berasal dari dana APBD Kabuapten Bima tahun 2017 dengan jumlah anggaran sebesar Rp1.138.000.000,-naik 10 porsen jika dibandingkan dengan tahun anggaran 2016 sebesar Rp1.027.000.000 melalui kegiatan pengadaan mesin, peralatan dan bahan pada SKPD Disperindag Kabupaten Bima. Kenaikan alokasi anggaran ini merupakan wujud dari komitmen pemerintah daerah untuk membantu dan memberdayakan IKM di Kabupaten Bima.

             Untuk tahun 2017 ini bantuan mesin/peralatan tersebut dialokasikan kepada 277 IKM/kelompok usaha bersama yang ada di Kabupaten Bima dengan rincian mesin kompresor dan kunci-kunci untuk 36 IKM perbengkelan roda dua, trafo las, gerinda potong dan gerinda tangan untuk 38 IKM perbengkelan las, mesin peralatan pembuatan KUE dan makanan berupa kompor, mixer, blender, wajan, oven untuk 33 IKM, peralatan konveksi/penjahitan berupa mesin jahit dan obras untuk 46 IKM, mesin/peralatan pengolahan pangan berupa mesin giling tepung dan parut kelapa untuk 37 IKM, mesin peralatan cuci motor untuk 4 IKM, peralatan tenun dan benang untuk 45 IKM serta mesin pengemasan untuk 2 IKM. Sebagai bahan laporan bahwa bantuan mesin dan peralatan yang diserahkan ini dilaksanakan semenjak tahun 2013 s/d 2017 sebanyak 1.150 IKM atau 1.119 proposal dengan total nilai sebesar Rp4.458.000.000.

         Kabag Humaspro Pemkab Bima, Armin Farid, S. Sos, menambahkan bahwa momentum tersebut Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri menyerahkan bantuan secara simbolis kepada 10 orang kepada ketua kelompok IKM atas nama A. Khalik bengkel Kalaki desa Panda kecamatan Palibelo berupa kompresor dan kunci-kunci, Arman Bakti bengkel Las Arman desa Runggu kecamatan Belo berupa trafo las, gerinda potong dan gerinda tangan, Jaharuddin “cuci motor bersinar” desa simpasai kecamatan Lambu berupa alat cuci motor, mansyur marwan “meubel mekar” desa woro kecamatan Madapangga berupa gergaji listrik, serut listrik, bor listrik, kompresor listrik, Dumrah penjahit “putri bahari “desa Nipa kecamatan Ambalawi berupa mesin jahit dan mesin obras, Endang Slistiowati Kue Bogasari desa tente kecamatan Woha berupa Kompor, oven, mixer, blender, gilingam mie, sealter tangan, A. Makki Husen pengilingan Yuliana desa Rato Kecamatan Bolo berupa pengilingan tepung dan parut kelapa, Hafsah kelompok timu makmur desa  timu kecamatan Bolo berupa alat tenun dan benang,   serta Nehrun produksi susu kuda liar 88 berasal dari desa Monggo kecamatanMadapangga berupa Sealer continus. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.