-->

Notification

×

Iklan

Wagub: Tingkatkan Semangat Pelayanan Berlandaskan Moralitas dan Debirokratisasi

Wednesday, November 29, 2017 | Wednesday, November 29, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2017-11-29T10:23:04Z

Mataram, Garda Asakota.-

          Wakil Gubernur NTB, H.Muh. Amin, SH.,M.Si  mengajak segenap anggota Korpri di NTB untuk menyiapkan diri menghadapi pesatnya pembangunan ditambah kompetisi  antar bangsa yang cepat dan penuh ketidakpastian dimasa kini dan kedepan. Sikap antisipasi tersebut dilakukan  dengan terus memperbaiki diri dan memperkuat semangat debirokratisasi.  
    Semangat memperbaiki diri yang dimaksudkan oleh Wagub adalah peningkatan semangat  dalam memberikan pelayanan masyarakat yang dilandaskan pada moralitas public sesuai dengan jiwa Pancasila. 
  Sedangkan Debirokratisasi adalah semangat untuk mempermudah pelayanan, meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan serta menghilangkan mekanisme layanan yang berbelit-belit dan menghentikan Pungli/Korupsi. Sehingga untuk mewujudkan pelayanan yang demikian, dibutuhkan sosok Anggota Korpri yang kreatif dan inovatif serta berintegritas tinggi.
     Oleh karena itu, seluruh ASN dimintanya terus mengembangkan aktualisasi diri dengan merancang inovasi program yang berkontribusi pada kepuasan pelayanan publik dan lompatan kinerja pembangunan.
   “Jangan pernah berhenti berinovasi, manfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menciptakan terobosan layanan publik yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel,” ujarnya. 
        Harapan tersebut disampaikan Wagub NTB Kelahiran Sumbawa itu, saat membacakan sambutan Presiden RI, Joko Widodo selaku Penasehat Nasional KORPRI pada  upacara HUT ke-46 KORPRI Tingkat Provinsi NTB  di Gedung Graha Bhakti Praja, Rabu (29/11/17). 
   Upacara dihadiri oleh unsur FKPD Provinsi NTB, Pejabat dari TNI dan POLRI, Kepala OPD lingkup Pemerintah Provinsi NTB  seluruh ASN lingkup Sekretariat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat.
   Pada saat itu Wagub juga sempat. menyinggung tentang bencana meletusnya Gunung Agung yang sedang menimpa Provinsi Bali dan juga berdampak pada masyarakat di pulau Lombok dan sekitarnya. Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk  senantiasa waspada dan lebih berhati-hati jika beraktifitas diluar rumah. "Jika kegiatan-kegiatan dapat dilakukan dirumah sebaiknya dikerjakan dirumah saja," imbuhnya.
      Lebih lanjut disampaikan bahwa, Korpri harus menjadi pilar utama pemersatu bangsa dan negara dengan Aparatur Sipil Negara sebagai agen perekat kebhinekaan. Korpri diharapkan mampu menjadi organisasi dengan budaya yang penuh inovasi dan kreatifitas, modern dan efisien, serta melayani.
  Presiden Joko Widodo dalam sambutannya menegaskan bahwa untuk pemerataan dan merekatkan kesatuan Indonesia, maka membangun harus dilakukan dari pinggiran dan dari desa-desa, dimulai dengan pemerataan infrastruktur fisik hingga pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat. Untuk itu, peran Korpri menjadi sangat vital sebagai penghubung antara masyarakat dengan pemerintah.
   "Korpri benar-benar harus memahami peta kompetisi kedepan yang penuh ketidakpastian," ujar presiden. Karena itu, menurut presiden  tidak ada pilihan lain bagi Korpri, selain menuntaskan program pembangunan nasional melalui inovasi yang berlandaskan pada moralitas public yang berdasar pancasila. Setiap anggota korpri harus terus memperbaiki diri dan perkuat semangat debirokratisasi.
     Usai upacara, Wagub menyerahkan secara simbolis kartu taspen versi terbaru berbentuk, “Smart Card Taspen” kepada ASN yang akan pension TMT Desember 2017. Kartu ini akan memudahkan sekaligus mempercepat pelayanan kepada para peserta Taspen dalam melakukan pengambilan uang pensiun serta updating data kepesertaan. Smart Card sudah berisikan data base peserta secara lengkap, sehingga pengguna tidak perlu lagi mengeluarkan berbagai kartu identitas sebab semua sudah dimasukkan berbasis teknologi biometrik.
  Selain Smart Card, Taspen juga menyediakan sejumlah layanan digital lainnya antara lain : Taspen Service Point, SMS Notification, Taspen Mobile Application, Aplikasi SIMGAJI, dan Aplikasi Web-Based Services (e-klim, e-SPBT, e-SPT dan Estimasi Klim), nantinya Smart Card Taspen ini akan diperuntukkan bagi seluruh ASN di Provinsi NTB. (GA. Imam*).
×
Berita Terbaru Update