Header Ads

Upacara HUT Pahlawan dan Hari Kesehatan tingkat Kabupaten Bima Berjalan Hikmad


Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

        Peringatan HUT Pahlawan ke-72 yang dirangkaikan dengan Hari Kesehatan ke-53 tingkat Kabupaten Bima digelar Jumat pagi (10/11) di halaman kantor Bupati Bima. Kabag Humas dan Protokol Setda, Armin Farid, S.Sos, menyebutkan bahwa kegiatan memperingati dua momentum tersebut berlangsung dalam suasana hikmad dan lancar. Selain dihadiri oleh Wakil Bupati Bima, Drs. H. Dahlan M. Noer, juga terlihat hadir Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bima, para anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bima, Ketua Pengadilan Negeri  Bima, Danki Brimob, Staf Ahli Bupati, para Assisten, Kabag Lingkup Setda Kabupaten Bima, para Kepala OPD Lingkup Pemkab Bima, Kepala Instansi Vertikal, Pimpinan BUMN, BUMD,  dan para Veteran pejuang.

  Wakil Bupati Bima yang saat itu  menjadi Irup membacakan Sambutan Menteri Sosial RI berkaitan dengan Peringatan Hari Pahlawan ke-72 menegaskan bahwa setiap tanggal 10 November, seluruh Bangsa Indonesia memperingati hari Pahlawan, mengenang para pendahulu, pahlawan dan perintis kemerdekaan, para pendiri Republik Indonesia, mereka dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan kolektif yang mereka lakukan, sehingga saat ini kita semua bisa menikmati hidup di bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang sederajat dengan bangsa lain, bangsa yang menyadari tugas sejarahnya untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas bagi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

   

          Dengan mengenang kembali  sejarah kepahlawanan, mengisahkan tentang menyala-nyalanya api ”harapan” yang menjadi pematik dari berbagai tindakan-tindakan heroik yang mengagumkan, sehingga saat harapan akan masa depan yang lebih baik tersebut telah ditambatkan oleh Pemerintahan Presiden Bapak Joko Widodo dan Wakil Presiden Bapak H.M. Jusuf Kalla melalui sebuah visi transformatif yang mengarahkan dan menghimpun gerak seluruh elemen Republik Indonesia yakni “ Terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong.”

         Dalam kerangka mewujudkan visi tersebut telah dirumuskan sembilan agenda Prioritas Pemerintahan Kedepan yang disebut NAWA CITA. Kesembilan agenda prioritas itu bisa dikategorisasikan kedalam tiga ranah; ranah mental-kultural, ranah material (ekonomi) dan ranah politik. Pada ketiga ranah tersebut, pemerintah saat ini berusaha melakukan berbagai perubahan secara akseleratif, berlandaskan prinsip-prinsip Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

        Dahlan berharap melalui momentum peringatan 10 November ini kita mengenang kembali sejarah perjuangan para pahlawan kita dalam rangka membela NKRI dari masa penjajah. Begitupun halnya dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-53 tingkat Kabupaten Bima ini dimana setiap tanggal 12 November, kita  memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) dengan tema yang diangkat adalah ‘’Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku’’. Tema tersebut sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga dimana keluarga menjadi awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat. "Kita tahu bahwa komponen terpenting dalam pencegahan penyakit selain dipengaruhi kualitas lingkungan serta sarana dan prasarana pelayanan kesehatan adalah PERILAKU Keluarga memiliki dampak yang besar dalam pembentukan perilaku individu," sebutnya.
       
           Keluarga merupakan pengalaman pertama bagi anak-anak, pendidikan di lingkungan keluarga dapat menjamin kehidupan emosional anak untuk tumbuh dan berkembang. "Untuk itu kita perlu terus berupaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat khususnya di lingkungan keluarga. Program lain yang di dorong adalah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Dengan GERMAS, kita mengajak kerjasama lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat," pungkasnya.



          Sementara itu,  Kabag humas dan protokol Pemkab Bima  Armin Farid, S. Sos,  mengatakan  bahwa usai memperingatan Hari Pahlawan dan Hari Kesehatan Nasional Wakil Bupati Bima bersama Wakil Ketua DPRD kabupaten Bima, beserta unsur FKPD Bima melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan yang ada di desa Panda Kecamatan Palibelo dalam rangka melakukan tabur bunga sekaligus melakukan doa bersama dalam rangka mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam membela NKRI. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.