Header Ads

Tercatat, 105 Koperasi di Kota Bima Masih Tetap Eksis

Nurjanah, S. Sos. 

Kota Bima, Garda Asakota.-

           Patut diapresiasi keberadaan lembaga Koperasi di wilayah Kota Bima semakin hari semakin berkembang saja.  Meski di tahun lalu dihantam banjir, namun pergerakan sejumlah perusahan permodalan di wilayah Kota Bima tak lesu. Malah saat ini eksistensi mereka terus berkembang dan masih tetap eksis.  “Terbukti hingga kemarin masih ada 105 koperasi yang masih tetap eksis. Dari jumlah total koperasi yang terdaftar sekitar 182 koperasi, ” ujar Kepala Diskoperindag Kota Bima, Nurjanah, S. Sos,  kepada Garda Asakota, Rabu (15/11).

            Diakui Nurjanah, Koperasi yang ada di Kota Bima memiliki ketangguhan dan terus bersaing di tengah himpintan perusahan pemodal lainnya. Meski kehilangan berbagai fasilitas akibat bencana banjir yang menghantam Kota Bima, namum tak menggentarkan mereka untuk terus membangun perusahaannya. “Ketangguhan mereka bisa dilihat pasca banjir ini, mereka masih bisa hidup walau sudah terkena musibah,” ujar Nurjanah.
            ‎
       Untuk meringankan beban koperasi tersebut, lanjutnya, mereka diberikan berbagai bantuan. Mulai peralatan pangan, kerajinan serta bantuan lainnya. Sementara untuk bantuan permodalan tidak ada. "Sebab saat ini koperasi dan usaha lain diarahkan untuk meminjam di bank melalu program kredit usaha rakyat (KUR). Kami di dinas hanya membantu memberikan rekomendasi terhadap koperasi. Kalau untuk memberikan modal pastinya kami tak bisa," katanya seraya menyebutkan bahwa untuk kedepan koperasi tersebut akan terus diperkuat. "Karena keberadaan mereka tentu sangat membantu warga, terutama sekali yang bergerak di bidang perdagangan.
Artinya, mereka tidak perlu lagi meminjam modal ke bank subuh (Rentenir, red), yang menarik bunga pinjaman cukup besar dan sangat memberatkan para peminjam. Pastinya kami sangat berkomitmen untuk terus mengembangkan koperasi sebagai sokong guru perekonomian nasional," pungkasnya. (GA. 355*)

Tidak ada komentar

elshandy creative. Diberdayakan oleh Blogger.